Mengubah gambar ke PDF dengan JPEG to PDF

Banyak kasus yang membutuhkan konversi gambar atau foto menjadi file PDF, ini bisa berasal dari dokumen resmi yang discan atau sumber lainnya. Karena format PDF sendiri tampaknya sudah menjadi standar dalam distribusi dokumen resmi berkat isinya yang permanen dan dapat ditandatangani secara digital – mulai banyak yang meminta seluruh informasi dalam bentuk PDF.

Mengubah gambar menjadi PDF

Mari kita langsung ke solusi untuk mengubah gambar ke format PDF, anda bisa menggunakan software bernama JPEG to PDF. Walau nama softwarenya terdapat JPEG, tapi format yang didukung sesungguhnya jauh lebih banyak seperti JPG, JPEG, JP2, J2K, BMP, GIF, PNG, TIF, WMF, dan EMF. Bagaimana, sungguh banyak kan format gambar yang didukung? Cara menggunakan JPEG to PDF sendiri cukup mudah, masukkan saja file – file gambar yang menjadi beban anda tersebut ke aplikasi dengan menekan Add Files.
jpeg-to-pdf

Selanjutnya tekan saja Save PDF dan selesai. Ya, cuma sebentar saja proses konversinya bukan?
jpeg-to-pdf-done-creating-pdf

Bila anda menggunakan setting default maka ada 2 langkah yang perlu dilakukan, yaitu cuma masukkan file gambar dan simpan menjadi PDF. Kalau hasilnya kurang memuaskan mungkin anda perlu melakukan konfigurasi lebih lanjut dan akan saya jelaskan di bagian berikutnya.

Pengaturan lebih lanjut JPEG to PDF

Sekarang saya kan jelas mengenai beberapa opsi yang tersedia di JPEG to PDF:

  • Unit of measure adalah satuan yang digunakan untuk mengukur dimensi file, anda bsia memilih antara inci, centimeter dan milimeter.
    jpeg-to-pdf-unit-of-measure
  • Output PDF Files merupakan setting tujuan lokasi penyimpanan file hasil konversi, defaultnya di desktop Windows – anda bisa menggantinya di bagian Output Path. Secara default semua file gambar akan disimpan menjadi satu file PDF (Single PDF File Named) dan namanya bisa diubah disini, atau anda bisa menyimpan hasil konversi PDF menjadi beberapa file tergantung dengan file gambar sumbernya pada opsi Multiple PDF Files.
    jpeg-to-pdf-output-pdf-files
  • Page Size Settings berguna untuk mengatur ukuran halaman, Match Image Size + Margins digunakan untuk menyamakan ukuran gambar dan marginnya berdasarkan file gambar. Specify Page Size untuk mengatur ukuran halaman secara manual, Shrink Oversized Images to Page Area berguna untuk mengecilkan gambar yang terlalu besar ke ukuran halaman yang ditentukan, dan Enlarge Small Images to Page Area adalah sebaliknya memperbersar gambar yang berukuran kecil ke ukuran halaman.
    jpeg-to-pdf-page-size-settings
  • Margins digunakan untuk memberi jarak dari tepi halaman ke isinya.
    jpeg-to-pdf-margins
  • Image Position adalah untuk menentukan posisi gambar, Centered berarti di tengah dan Top-Left Corner berarti dari sisi pojok kiri atas halaman.
    jpeg-to-pdf-image-position

Penutup

JPEG to PDF adalah aplikasi gratis yang mampu melakukan tugasnya dengan baik, dukungannya terhadap banyak format gambar merupakan nilai lebih. Proses konversi gambar ke PDF sendiri berlangsung cepat, walau ini juga relatif terhadap seberapa besar dan banyak file gambarnya. Oh ya, saya juga pernah membahas software yang mengubah PDF menjadi gambar – mungkin suatu saat anda membutuhkannya juga.

Tulis komentar...