Menyembunyikan file dalam gambar JPG dengan Steganography

Steganografi adalah teknik menyembunyikan pesan rahasia dalam gambar, dan merupakan salah satu teknik enkripsi tertua. Dengan kemajuan teknologi teknik steganografi bisa diterapkan dengan mudah di dunia digital sekarang ini.

Pada dasarnya aplikasi steganografi memperbolehkan anda menempelkan data atau informasi rahasia dalam bentuk apapun pada file lain yang biasanya berupa gambar. Cara ini dianggap cukup aman untuk mengirimkan informasi sensitif secara online dengan menyamarkan bahwa anda hanya mengirim sebuah gambar biasa.

Steganography merupakan aplikasi open source yang memiliki tampilan sederhana dengan dua tab, pertama untuk membuat file baru untuk menyembunyikan file penting anda dalam gambar atau foto, dan kedua untuk membuka file hasil proses steganografi dan meng-ekstrak data rahasianya.

steganography

Proses penggunaan steganografi bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah – langkah berikut:

  1. Untuk menyembunyikan file rahasia ke gambar dimulai dengan mengisikan file gambar dengan ekstensi JPG untuk ditempelkan pada bagian Image. steganography-before
  2. Kemudian file rahasia yang akan ditempelkan pada bagian File, program Steganography ini memiliki spesialisasi terhadap file dengan format RAR dan ZIP.
  3. Isikan nama hasil penggabungan file rahasia dengan file gambar format JPG di bagian Output Name. Terakhir masukkan lokasi penyimpanan file hasil proses steganografi pada bagian Output Location.
  4. Klik tombol Create untuk menjalankan proses steganografi, atau Reset jika anda ingin mengulangi proses dari awal.

steganography-create

Ukuran gambar menjadi lebih besar karena telah ditambahkan oleh file rahasia.

steganography-after

Gambar hasil steganografi ini bisa dibuka secara normal oleh aplikasi image viewer tanpa ada perbedaan dengan aslinya. Peringatan sebelumnya bila anda melakukan editing gambar ini maka seluruh informasi rahasianya akan hilang dan kembali menjadi file JPG biasa.
Anda bisa membuka file hasil enkripsi steganografi pada tab Open, isikan dengan lokasi file tersebut dan klik Open, atau Reset untuk membersihkan input anda.
steganography-open
Cara lain membuka file yang dienkripsi ini adalah dengan menamai ulang ekstensi file sesuai dengan ekstensi jenis arsip file rahasia anda, sehingga memang lebih baik sebelumnya menggunakan file bertipe ZIP atau RAR. Misal file rahasia anda bernama rahasia.zip dan file gambar hasil steganografi anda bernama wallpaper_bagus.jpg cukup direname menjadi wallpaper_bagus.zip.
steganography-renamed-zip
Kemudian langsung saja buka dengan program pembuka arsip seperti WinZIP, WinRAR atau 7Zip untuk membaca isinya.

steganography-zip-archive
Aplikasi Steganography ini tersedia gratis dan memberikan kemudahan dalam merahasiakan data anda dalam file gambar, dan bisa digunakan pada Windows XP, Vista, 7 dan 8 baik edisi 32bit dan 64bit.

2 pemikiran pada “Menyembunyikan file dalam gambar JPG dengan Steganography”

Tulis komentar...