Menyimpan percakapan di BlackBerry Messenger

Salah satu hal unik yang saya sadari saat bercakap – cakap dengan kontak di BlackBerry Messenger adalah kemampuannya untuk meninggalkan perbincangan yang sedang aktif (End Chat). Usut punya usut ternyata hal ini dilakukan supaya seluruh pesan yang tertulis akan otomatis terhapus seperti tidak pernah ada, dan akan dimulai dari awal. Katanya sih biar tidak ada salah paham kalau ada orang lain membaca.

Karena sistem chatting di BBM seperti ini maka kalau kita berusaha mencari pesan tertentu bila kita telah melakukan End chat maka jelas akan hilang semuanya. Tapi sebenarnya hal ini hanya belaku pada salah satu pihak, dan sebenarnya di BBM ada fitur untuk menyimpan seluruh percakapan yang kita lakukan jadi walaupun bagaimanapun akan tetap ada saat kedua belah pihak memulai lagi proses chatnya.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan tap pada More di kanan bawah program utama BBM, nanti akan muncul Settings. Oh saya menuliskan ini berdasarkan BBM untuk Android, kemungkinan besar di iOS bisa. Sedangkan di handphone BlackBerry sendiri kurang tahu.
android-bbm-more

Setelah itu pada bagian Chats silahkan ubah opsi Save Chat History dari Off menjadi On, maka setelah ini seluruh percakapan yang sedang aktif pada BBM anda akan otoamtis tersimpan dalam handphone.
android-bbm-settings-chat

Kalau tidak ingin ada percakapan yang tersimpan maka silahkan saja anda hapus seluruh sejarah chat BBM, tinggal tap saja Delete Chat History dan akan bersih semuanya.

Saya sendiri menggunakan Chat History ini untuk menyimpan riwayat pesan – pesan yang ada, dan kadang memang ada janji yang lupa saya pindahkan dalam agenda. Jadi kalau tidak sengaja terkena end chat (kadang terjadi salah sentuh) maka akan tetap ada datanya.

2 pemikiran pada “Menyimpan percakapan di BlackBerry Messenger”

    • Halo Roni, kalau di BBM backupnya bersifat lokal mas di handphone juga otomatis, walau sudah di end chat asalkan fitur backup aktif nanti saat chat akan muncul lagi semuanya.

Tulis komentar...