Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri

Seperti biasa saya diminta bantuan oleh pengunjung blog untuk menjawab pertanyaannya, dan saat itu yang masuk adalah mengenai cara cek paket yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service. Saya pikir ini ada hubungan dengan Rex Indonesia tapi ternyata bukan, bahkan hasil pencarian di Google bisa dikatakan minim.

Berikut adalah isi email yang dikirimkan beserta foto dari resi yang ingin dilacak:

Selamat pagi,,
Saya [anonim], tanggal 19 Agustus teman saya dari London mengirim paket untuk saya tapi sampai hari ini saya belum juga menerima paket tersebut padahal saya sudah transfer clearance fee.
Berikut saya sertakan Airway Bill.
Terimakasih

 

Setelah korespondensi yang berlanjut setelah email ini, saya mendapatkan informasi bahwa berkenalan dengan seseorang di London melewati jejaring sosial (Facebook), dan temannya ini ingin memberikan hadiah yang cukup wah berisi Samsung Galaxy, ponsel BlackBerry, laptop Apple (MacBook), iPhone 4, berlian, tas wanita, parfum, harta keluarga dan semacamnya. Sungguh rejeki besar kalau dilihat – lihat apa pemberian teman baru ini.

Setelah ia dikabari bawah barangnya sudah dikirimkan ke Indonesia menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service tidak lama kemudian nomor handphone anda akan dihubungi oleh jasa ekspedisi bernama Cella Cargo di Batam, Indonesia yang akan mengabarkan kalau barang tersebut sudah sampai. Kabar gembira tentunya.

Tapi anda akan diberitahu juga bahwa ini perlu membayar tebusan, dan nominalnya bervariasi tapi dari si sumber mencapai total 16 juta rupiah (6 juta untuk clearance fee, dan 10 juta untuk free money laundry certificate). Kalau dibandingkan dengan apa isi paketnya tentu masih untung besar. Tapi disinilah letak penipuannya karena barang yang dikatakan tersebut tidak akan diteruskan ke anda, bahkan saya berani bilang memang tidak pernah ada atau terjadi.

Dari hasil pencarian saya malah menunjukkan ini adalah salah satu modus penipuan menggunakan pengiriman luar negeri. Nama ekspedisi yang digunakan pun bisa berlainan, tapi intinya sama. Sebelumnya saya sempat terpikir bahwa barangnya tertahan bea cukai.

Saya salut terhadap korban yang sudah melapangkan dada terhadap kejadian ini, dan semoga mendapatkan rejeki yang lebih baik di kemudian hari.

Mungkin juga kurang sesuai kalau saya memberikan nasehat karena saya sendiri pernah mengalami kasus penipuan online, tapi kalau dipertimbangkan hal inilah yang membuat saya menjadi lebih berhati – hati dalam setiap transaksi atau hadiah tidak terduga.

Sebagai penutup ada satu kutipan yang saya kira cocok untuk situasi ini: “If it’s too good to be true, then it probably is.”. Kalau terlalu bagus apapun tawarannya anda harus waspada.

380 pemikiran pada “Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri”

  1. Wahh.. Saya juga ngalamin… Bulenya namanya salleh kiam, mau ngirim barang-barang mewah. Nah malah aneh kan… Yg mencurigakan orang ini aktif menghubungi saya di waktu-waktu tertentu. Penasaran aja, coba ikutin alur dia aja. Romantis gitu deh.. Begitu dia bilang ngirim barang mewah, langsung deh ngerasa bener kl penipuan. Kaya pinter banget mereka mainin perasaan orang. Dan itu modusnya. Ini bikin lebih hati-hati kl menerima pertemanan di media sosial. Terlalu dongen banget kl ada orang kaya gitu…

    Balas
  2. Alhamdulillah saya pun untungnya tidak tertipu saya tgl 10 oktober 2017 harus transper sejumlah uang 500 Usd wahh uang sebanyak itu,kaka saya pernah kirim barang dari LN langsngnkok datang ke rmh.
    Saya dari sini bertanya tanya dalam hati dan ngga mungkin baru kenal ngasih hadiah segitu banyaknya. Alhamdulillah ALLOH MAHA BAIK TAKDIRNYA TAK PERNAH SALAH saya kirim chat lagi ke dia saya tau kamu penipu,eh sibule malah nyaci maki saya,wong edan.

    Langsung saya block nombernya.
    Hati hati buat yang lain.

    Balas
  3. Alhamdulilah saya kini telah mndapatkan pencerahan stelah membuka situs ini. Saat ini saya jg tengah mngalami hal yg sama, saya dimesengget dg Seseorang yg tidak saya kenal, mngaku janda. Bermanis mulut, mjjanjikan sejumlah uang utk beli rumah dan membangun islamic centre. Dan saya jg telah mnerima foto bukti pengiriman. Dari awal saya sudah TIDAK yakin, sampe saat inipun saya tidak pernah berharap… dan saya anggap MODUS belaka.. terima kasih untuk smuanya…

    Balas
  4. Saya juga punya cerita yang sama saat ini ada bule dari london yang katanya tertarik dengan saya, dia kirimkan paket uang dan emas katanya paket sampe hari senin besok padahal baru kirim hari ini. Saya sudah kasih alamat lengkap tapi semoga tidak dimintai uang ya

    Balas
    • Alhamdulillah sayapun sekarang baru tahu ternyata itu modus penipuan,,,percis yg temen2 tuliskan di sini,,,bule Londen anak satu,istri meninggal kecelakaan,mau ngirim perhiasan,tas merk guci ,uang 15.000 ,wah,,,,terima kasih teman2 ,untung saya cepet2 cari info,,,ternyata penipu,dan sayapun belum mengirimkan uang sepeserpun dan tdk akan,,,trims

  5. Koq semua ceritanya hampir sama kaya aq..
    Aku dapat friend request dari facebook dia ngakunya tentara amerika berpangkat sersan satu yang bertugas di peace keeping di syria..
    Awalnya chat biasa2 aja tapi lama2 dia mulai so romantis trus aku juga hampir percaya dengan semua omongannya.
    Karena katanya saking cinta dan sayang sama aku dia mau ngirim uang sebesar $1.500.000 bila di rupiahkan hampir 20 milyar(waw dana yang sangat besar)..katanya dia melakukan pengiriman melalui airway bill dan sudah membayar sebesar $8.450 untuk biaya delivery tapi katanya aku harus bayar tax sebesar $1.000..awalnya agak percaya juga sih hehe..
    Pas besoknya ada yang ngbel dari pihak bea dan cukai dari bandara ngurah rai di bali namanya Agnez katanya aku harus transfer dulu biaya tax sebelum itu paket di kirim ke alamatku..ya disitu langsung curiga,kan jakarta ada bandaranya kenapa harus transfer ke bali ??
    Trus aku bilang ga bakal transfer seperakpun kalo mau dibayar..aku mau bayar di kantornya langsung,eh si bule marah banget katanya ga mau berkorban uang sedikit demi uang yang banyak..
    Ini jadi pelajaran yang sangat berharga buatku dan jangan sampai terjadi lagi di kemudian hari ?

    Balas
  6. O ya namanya Fred Anderson umurnya 48 punya anak satu namanya adams umurnya 11 tahun,istrinya namanya cathy tapi udah mati 7 tahun lalu kena kanker,rumahnya di dell wisconsin

    Balas
  7. Pagi ini sangat bersyukur bisa ketemu tulisan ini….kasusnya sama dengan teman-teman semua, baru 1 minggu kenal sudah mau mengirim perhiasan-perhiasan sm sepatu, tas, jam mahal dll….. katanya akan tiba hari ini….untung saya baca ini….terimakasih Ya Allah, aq gak akan ketipu sama tu Bule

    Balas
  8. Hmm ternyata aku jg kena, seminggu lalu kenalan jg sm orang Itali tp tinggal di London umur 49 thn duda anak 1 cewek dah 18 thn katanya. Br 4 hr ngobrol tiba” dia mau nemuin sy di Jkt tgl 9 November ini. katanya dan dia minta carikan apartemen untuk 3 minggu selama di Jkt, dan hr Jumat mlm dia wa sy katanya dia sdh belikan hadiah berupa iPad, iPhone, perhiasan 1 set dan jam tangan emas. Itu aja sy sdh gk percaya, apa lg semalam dia wa sy lg di dlm paket itu ada uang jg sebesar $40.000 untuk selama dia nnt di Indonesia. Makin gk percaya sj sy, logikanya uang segitu byk kok bisa”nya Msk di paket apa gk tkt ilang. Tp dgn alasan tdk sempat pergi ke bank karna dia mlm itu hrs langsung pergi ke Rumania untuk bisnis. Katanya paket dtng hr Senin atau Selasa, sekarang hr Senin lewat. Nah besok hr Selasa sy akan tunggu ada Tlp gk untuk sy dgn modus barang tertahan dan minta uang tebusan juga seperti kalian alami…

    Balas
    • Ko sama ya modusnya sy jg kenalan di sosmed namanya prience mike dia mau kirimin perhiasan tas sepatu duit jg byk bgt katanya hr rabu smp le indo hahahahaha ternyata yg kaya gini penipuan ya mba…..aneh aja br kenal udah ngasih byk bgt,tp kalo kita gak tanggepin lagi ada mslh gak ya sama kita ya…

  9. kasusnya hampir sama ,,awal d fesbuk tgl3/11/2017 Asal london berkebangsaan indonesia bernamaSafrudin Sebrina Jean janda d tinggal mati suami bla2… mo kirim paket tgl07/112017 termasuk cepat ngirimnya,,,dan menjelaskan ada biaya tax dari agent mengantar paketnya…dia bilang tunggu si agent telpon…..saya mungkin merasa ada modus seperti kejadian2 brothers alami….

    Balas
  10. Apa saya pun sama kene tipu juga,kenalan sama bule london dia bilang mau bagi hadiah mcam2 photonya di hantar berupa hp ,sepatu dan perhiasan dn duit juga ,saya bagi alamatnya ,katanya perusahaan nanti kalau dah sampai akan telepon saya,memang ada seorang wanita menelpon bilang sudah sampai tapi seperti itu saya kene bayar ya saya pikir2 dari mana duit secepat itu harus ada ,macam penipuan juga.untungnya saya belum …

    Balas
  11. Ya ampuuun sma juga dgn ibuku baru 2 bulan kenal sudah mau di kirimin barang2 dan perhiasan,, untung dapat tulisan ini makasih yg sudah buat blog ini.. ibu sy gak kena tipu deh,, hampir aja kita kena tipu

    Balas
  12. Sama juga yaw .. saya juga hamper tertipuuu 8 jt.. nma nya pun sama jhon Wiliam dia mengaku join oil company.. sy recive pmbyrannn ke dia krim barangg dia gag kasi malahh sayaaa di suruhhh Bayar.. dan APC batam cargo tlfunnn untuk byr 8 jt untung saya gag kene tipu.. kitaaa perluuu lapor ini bule Kawan….

    Balas
    • pasarkecantikan – *Menjual berbagai macam produk kecantikan HALAL dan dijamin ASLI 100%. *Menerima order sesuai format yang sudah ditentukan. *Tersedia Cream Pemutih Wajah,Cream Anti jerawat,Sabun Kecantikan,Susu Kesehatan. *Harga Terjangkau !!!!

      Jhonson william ? Itu berarti PENIPUAN ya. Makasih banget info nya. Tapi mau tau min,saya udah kirim no rek ke dia dan atas nama saya,apakah ada masalah ?

  13. Waaaah kesel saya ngalamin kejadian serupa
    Nah sy transfer 8jt lagi saking dibikin riweuh sama keadaan ..
    Ibu saya kenal dari medsos juga..
    Saya kira itu laki” bener ..

    Dan siang td udh di transfer ehh
    Pihak cargo tlp lg mnta tambahan 23jt ..
    Untung nya yg 23jt ga saya bayar ..
    Kesel ya

    Balas
  14. bersyukur dapet blog ini, bisa baca2 pengalaman yg lain.

    awalnya sy cuma mau nyari DS express, cara cek resi, alhamdulillah ketemu sm ini. dah macem2 ya penipuan.

    jd ceritanya mama sy (singleparent) punya tmn chat dr london juga tuh, entahlah rayuannya sperti apa, intinya dy mau mgrimkan “hadiah” dan mmpercayakan mama sy sbg partner binis kedepannya. ngakunya sih dy dr indo cuman lama di sana. sama juga duda, ytim piatu, istri ga ada ???.

    pas mama cerita ktnya di salah satu tas yg dy kirim ada uang sebesar 500rb dolar. ktku hati2, ga mgkn org biasa punya uang sbnyak itu. dr resi yg dy kirimkan juga dliat dr bntuknya meski sekilas sy ngrasa “aneh”.
    klo niat ngirim duit knp ga transfer aja bisa di kurs kan. katanya ga bisa klo bank disana kirim luar ngri. lha kk ipar sy juga dr luar negeri lancar jaya tiap bln trfer buat mertua…

    trus dibilangnya 2 hr brg sampe. sy blg lg, secepat itukah??? pngriman luar negeri btuh waktu mingguan, ga scepat itu. makin ngrasa aneh, akhirnya browsing2 lah ttg ekspedisi, ktmu cerita2 ini.

    thx a lot sharing nyaa ya… lsg ak copylink biar dibaca.

    cuman masalahnya yg dkshin alamat rumahku, apakah tidak apa2???

    Balas
  15. Kenapa bnyk bgt kasus bule dri UK ya.. Aku juga punya pengalaman kyk gitu,, tpi karena udh tau ini scammer,, jdi ya santai aja pas dia bilang paket udh dikirim.. Di tanya resinya ga tau,, ekspedisi apa ga tau juga,, ya sutra,, ku tulis aja kata2 cinta buat dia trus blokir deh. Hehehhe.. Dipikir tu bule kita bego x ya??

    Balas
  16. Bagi yg prnh disuruh transfer ke rek bank mgkn bs dilacak penerima rek nya itu sapa namanya dan mungkin juga dia ada sindikat penipuan modus pengiriman barang dari luar negeri dengan modus serupa menggunakan foto bule padahal orangnya masih orang indonesia juga menggunaka foto bule. Saya juga mengalaminya serupa november 2017 ini. Pas dilacak no rel bank yg dipakai penipu ternyata masih org indonesia juga

    Balas
  17. Alhamdulillah yaAllah nemuin tulisan-tulisan ini. Saya juga sama kyk kalian, ada kenalan bule london dari medsos, namanya Lincoln Huddson, ngakunya umur 31 taun, tp kl liat difoto kayak udah 49-55 taunan. dia bilang punya anak 1, cewek umur 10taun. istri udah meninggal. Terus dia ngaku kl dia punya perusahaan apple lol. awalnya aku udah g percaya sih sm dia. terus aku tantangin aja buat kirimin aku bukti kl dia beneran org kaya dan punya perusahaan. finally dia bilang oke aku akan kirim 2 iphone X dan 1 laptop. Terus semalem (27 des), dia confirm ke aku kalau udah kirim barangnya, dan ternyata ga cuma 2 iphone X sm 1laptop aja, tp ada 2pasang sepatu, 2 tas, 1 jam tangan, 1 kalung dan juga uang USD$ 7000 atau setara 94.500.000 kl di rupiahin. Bahkan, dia juga kirimin aku bukti pengiriman dia, disitu ada nomor air way bill nya AWB-1255464427, wkwk. dan kerennya, disitu beneran ada tertulis nama aku sm alamatku. dia kirim tanggal 27 des, dan katanya hari ini bakalan sampe di indo wkwk padahal, setauku paling cepet pengiriman luar negri itu 3-5 hari. bahkan bisa sampe berbulan2. kebetulan aku kerja di perusahaan korea yg barangnya selalu import dr korea lsg, jadi udah tau kl estimasinya gamungkin cuma sehari sampe. belum tau sih ini kelanjutannya bakal gimana hari ini haha yg pasti ya udah tau lah ya harus ngapain kalau ada yg telpon dan minta trf segala macem wkwk.
    Well, be careful guys.

    Balas
  18. Saya juga dapat ini lagi proses pengiriman , kata nya besok 29 Desember sampai barang nya.. tapi saya kasih alamat palsu, biar di nyanyiin ayu ting2… wkwkw..
    Yang mau bantu lacak boleh,.. saya siap2 mau menipu dia balik.. ..
    Ini lagi menyusun strategi.. supaya besok ada dramanya hehe..

    Balas
  19. Halloo..
    Kasus ini sm ky aku.br sja(03012018) mengalaminya ky gini.
    Hri ini tuh mr blg klau paketan ku sdh d kirim memakai Delta currie service dgn hadiah nya.
    Sprti,hp apple 6 ,laptop,perhiasan,farfum,tas tangan 2 mrk LV,jam tangan rolex (dgn jumlah 9 item)
    Dia dr UK an Douglas +44 7895 667678
    Dia meminta 7 jt,aku blg tidak ada krn aku sja tdk bekerja dn aku brpemutusan contract krja.
    Di tlp trus smp aku stress sndiri dn malah smp nagis x.ko ada ya org yg ksih hadiah tp dia merepotkn kita hrus byr lgi ini dn itu.
    Dr situ sya mikir dr minta 7 jt jd brkurang 2 jt.
    Trus akhir nya dia ksih no rek yg hrus di byr a/n
    Bank Mandiri /Julian eka saputra /1200007689289 no tlp 083878569635
    Tp alhamdulillah sya gak kepancing dll smp skrg tuh mr sya chat cuma ceklist sja sprti nya dia lelah..
    Dn tau x ya klau sya sdh paham dn tau klau d bohongin
    Jd hati2 ya klau ada no tlp atau apapun dr org yg br kenal di medsos atau apapun..
    Jdlah wanita indonesia yg bijak.

    Balas

Tulis komentar...