MyRepublic: Internet cepat, harga murah ada tapinya

Last Updated on April 21, 2017

Saya mendapatkan kabar kalau ada ISP baru masuk di Indonesia menawarkan kecepatan internet yang istimewa dengan harga murah bernama MyRepublic per 1 Juli 2015 kemarin. Kalau dari namanya memang nama ini sudah besar di Singapura dan New Zealand, setidaknya bisa jaminan kualitas kalau mereka benar – benar baru di Indonesia. Ya, sejatinya ini adalah nama baru dari Innovate (milik Sinarmas) yang bekerja sama dengan MyRepublic.

Yang saya bicarakan bukan review layanan MyRepublic karena walau ini cuma Innovate Indonesia (dulu Cepat.net) yang berganti nama dan secara jaringan fiber optic yang digunakan juga tidak berubah tapi kemungkinan ada perbedaan kualitas layanannya dalam beberapa bulan setelahnya. Sekarang masih masa transisi, jadi saya baru akan menuliskan pengalaman menggunakan MyRepublic dalam beberapa bulan kedepan.

Nah… MyRepublic ini menawarkan harga yang sangat menggoda untuk kecepatan koneksi internet yang sangat cepat. Cuma butuh Rp.299.000 untuk mendapatkan kecepatan 100 Mbps. Tapi masih terhitung jauh lebih murah daripada IndiHome di kota Malang. Kalau anda butuh yang lebih murah maka ada yang 10 Mbps dan biaya berlangganannya cuma Rp.199.000 per bulan. Selengkapnya bisa anda baca sendiri di halaman Tarif MyRepublic, harga yang tercantum belum termasuk PPN 10% dan biaya administrasi Rp.5.000.
myrepublic-harga-internet-tv-kabel

Sayangnya coverage area mereka masih terbatas dan umumnya ada di lingkungan perumahan, tapi setidaknya di situsnya kita bisa mengecek sendiri apakah rumah, toko atau kantor sudah masuk belum jaringannya pada halaman order. Kalau saya perhatikan memang secara bertahap sudah bertambah daerah yang didukung MyRepublic.

Selanjutnya adalah kesan singkat selama menggunakan Innovate (MyRepublic). Kekurangannya yang sering dirasakan saya dan pengguna lainnya dengan kecepatan fantastis adalah kadang terjadi ketidakstabilan koneksi internet. Seringkali tiba – tiba terputus sesaat koneksinya, dan ini saya dapat laporan dari salah satu pengguna Innovate dan sudah saya amati sendiri kejadiannya dengan memantau nilai ping. Bahkan 2 mingguan ini setiap pagi internet saya mati dan baru bisa digunakan sekitar jam 7an, mungkin karena adanya perubahan manajemen sejak berganti nama sehingga mulai diutak – atik setting jaringannya dari pusat.

Sumber gambar: Mas Sudirman di Malang
Sumber gambar: Mas Sudirman di Malang

Yang bikin jengkel adalah DNS Server milik mereka kadang mati selama beberapa jam, jadi kita bisa mengakses dengan alamat IP (siapa yang hapal alamat IP Google hayooo?) tapi menggunakan alamat website otomatis not found.

myrepublic-dns-server-mati

Ini masih ada cara mengakalinya dengan memakai DNSCrypt supaya dialihkan menggunakan DNS server lainnya, kalau kita tidak memakai ini maka semua traffic DNS akan dibajak untuk blokir konten (Internet Sehat/DNS Nasional),? Transparent DNS Proxy istilah teknisnya.

Terakhir adalah mengenai customer servicenya. Saya cuma bisa berharap anda tidak mengalami masalah terhadap koneksi internetnya, jika sudah mengalami pasti sudah paham frustasinya komplain dan yang diajak ngomong tidak seberapa paham akan kendala teknisnya. Pasti diminta restart modem sebagai solusi pertama. πŸ™ Tidak salah sih… karena memang kadang konfigurasi modem bisa bermasalah dan perlu direstart agar normal kembali. Tapi ya masa setiap kali mengatasinya seperti itu.

Semisal kita ajak bicara customer servicenya dengan hal – hal teknis biasanya langsung terlihat tidak nyambung, jadi tampaknya lebih baik digunakan untuk konsultasi masalah billing (saya masih belum bisa membayar tagihannya dengan transfer BCA sampai bulan ini, jadi terpaksa datang ke kantornya untuk melunasi) atau pertanyaan mengenai kondisi jaringan secara umum. Lain lagi kalau anda ingin mendatangkan teknisi untuk troubleshooting lebih lanjut, kalau dulu pertama kali berlangganan dan minta teknisinya datang bisa menunggu sampai 2 minggu maka sekarang sekitar 3 hari. Sudah ada perbaikan kualitas lah. πŸ™‚

Yang saya cari sekarang dari MyRepublic adalah SLA (Service Level Agreement) karena Innovate tidak memilikinya, ini fungsinya adalah kualitas layanan minimal yang dijamin oleh mereka – biar memastikan pelanggannya akan mendapatkan apa bukan hanya dari brosur marketingnya yang pastinya berbeda dengan kondisi di lapangan.

Kesimpulannya? Berdasarkan pengalaman menggunakan Innovate sebelumnya dan baru beberapa hari menjadi MyRepublic ini secara kualitas tidak ada perbedaan. Saya yakin kedepannya tidak ada perubahan jauh, harapannya tidak lebih buruk lah. Masih bisa ditoleransi kekurangannya. Tetap saja internet kencang, harganya pun jelas sangat meringankan kantong. Cuma masalah kestabilan koneksi dan pelayanan pelanggan yang perlu ditingkatkan. Soal bagaimana TV Kabelnya saya tidak bisa berpendapat banyak karena sangat jarang saya gunakan, streaming video sudahlah cukup. Tapi selama ini normal saja kok, walau ada yang memberitahukan ke saya kalau digunakan bisa mempengaruhi kecepatan internet.

Secara pribadi saya tetap merekomendasikan layanan mereka, soal masalah – masalah yang terjadi masih dalam batas wajar – ISP mana sih yang tidak ada kekurangannya? πŸ˜€ Semoga masalah yang diwariskan Innovate ini bisa segera diperbaiki. Secepat – cepatnya Internet Rocket (kata mereka) kalau tidak stabil ya jatuh juga roketnya. πŸ˜›

Oh ya kalau anda mau berdiskusi atau mengetahui kabar terbaru mengenai MyRepublic bisa gabung di forum ISPnesia: http://ispnesia.com/


Update, saya sudah membuat review baru setelah setengah tahun berlangganan: http://utekno.com/myrepublic-internet-hebat-harga-hemat-12412

687 pemikiran pada “MyRepublic: Internet cepat, harga murah ada tapinya”

  1. Saya kecewa dengan my republic krn tidak pernah Ada tagihan pengingat setiap bulannya sejak sy berlangganan.dan sampai ketika sy br Tau selama ini Sy terkena denda setiap bulannya.bhkan dikatakan menunggak tanpa Ada pemberitahuan…kacau sekali.

    Balas
  2. Saya pemakai indihome dan my republic dua isp saya bandingkan selama 1 tahun yang saya dapat indihome selalu trouble dan my republic trouble tapi tidak sesering indihome.

    kecepatan indihome malah tidak setabil. Walaupun teknisi hampir sebulan 3 hingga 5 kali datang kejadian yang sama selalu terulang mulai dari router serta kabel yang terputus.

    Saya mengikuti forum permasalahan indihome dengan my republic yang saya dapati memang indihomelah yang terbawah dan review isp dunia yang lain juga mengatakannya.

    Paket dengan kualitas kecepatan yang sama namun harga yang pasti berbeda my republic masuk ke favorite list saya jika yang kita bicarakan hanya sebatas harga dan paket.

    Dari pengalaman saya ini ternyata kualitas my republic yang tergolong bagus di bandingkan indihome mungkin my republic terkendala oleh persebarannya karena termasuk ISP yang baru di indonesia.

    Artikel ini merupakan contoh review yang sesuai dengan realita yang ada terimakasih bagi creator blog ini.

    Sekian dan terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar