Nantinya sertifikat SSL akan gratis

Ya, sejak Google mengumumkan akan mempertimbangkan apakah suatu situs menggunakan HTTPS untuk perhitungan rankingnya membuat banyak orang berbondong – bondong membeli sertifikat SSL untuk dipasangkan di websitenya. Ini juga tidak bisa dikatakan mudah dan murah. Tapi titik cerahnya malah CloudFlare menyediakan SSL gratis dan kemudian Let’s Encrypt juga mengikutinya bulan Desember ini.

Tampaknya gara – gara 2 nama besar tersebut akhirnya membuat para Certificate Authority seperti Verisign, Comodo, GlobalSign, Thawte dan masih banyak lagi mulai mempertimbangkan akan menggratiskan sertifikat SSL untuk nama domain. Jadi ini sasarannya memang pengguna pribadi atau toko online kecil yang masih mengawali atau belum serius.

Ilustrasi HTTPS digunakan di Blibli.com, bukan berarti ini situs penipu lho ya. :)
Ilustrasi HTTPS digunakan di Blibli.com, bukan berarti ini situs penipu lho ya. 🙂

Seperti apa Domain Validation SSL ini? Aslinya sama dengan membeli sertifikat SSL yang murah, cuma bisa digunakan untuk satu domain dan satu subdomain. Biasanya digunakan seperti berikut: utekno.com dan www.utekno.com.

Setelah digratiskan darimana penjualnya dapat uang? Masih banyak kok jenis SSL seperti wildcard yang bisa digunakan untuk satu domain dan seluruh subdomainnya. Atau supaya muncul gembok hijau ada EV (Extened Validation) SSL, ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar dan harganya cukup mahal. Rata – rata ratusan Dollar per tahunnya.

Kelebihannya adalah adanya proses verifikasi apakah dibalik website tersebut ada instansi atau identitas yang nyata ada. Nanti akan dikirimi surat ke alamat pemohon EV SSL untuk validasi. Jadi sangat terlihat komitmennya kalau sudah warna hijau gemboknya, tidak murah soalnya.

Saya juga jadi tidak sabar menantikannya. 🙂

2 pemikiran pada “Nantinya sertifikat SSL akan gratis”

Tulis komentar...