Nasib nomor telepon saat memutus IndiHome

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan dari pelanggan IndiHome mengenai nasib nomor telepon (PSTN: Public Switched Telephone Network) mereka kalau berhenti berlangganan. Mungkin ingin ganti ISP yang lebih murah atau kualitasnya lebih baik, pindah alamat atau memang tidak ada yang menggunakan di rumah. Jawabannya adalah ya, nomor telepon rumah/kantor anda akan dimatikan juga kalau langganan anda diputus.

Kenapa kok bisa begitu? Nah… anda ingat jika produk IndiHome ini sering melakukan promosi dengan istilah Triple Play yang isinya adalah internet fiber optic, tv kabel Usee TV dan nomor telepon PSTN. Jadi sudah 1 paket yang lengkap untuk hiburan dan komunikasi. Akibatnya misal anda berhenti maka otomatis ketiga – tiganya akan stop juga.

Wikipedia / CC BY-SA 3.0
Wikipedia / CC BY-SA 3.0

Yang jadi masalah adalah kalau nomor teleponnya terpakai, misal untuk toko atau kantor yang masih membutuhkannya. Karena anda tidak bisa mempertahankan nomor yang sama dan misalnya ada registrasi ulang hanya untuk telepon juga tidak ada jaminan akan mendapatkan nomor aslinya. Saya sudah mencobanya dan mbak customer service Telkom menekankan pada masalah ini, kerugian kalau memutus langganan IndiHome.

Jadi saya ingatkan sebelum anda benar – benar berhenti agar minimal memberitahukan kalau sebentar lagi tidak berlaku, atau alihkan ke nomor handphone saja.

2 pemikiran pada “Nasib nomor telepon saat memutus IndiHome”

  1. Untung dulu saya tidak mau upgrade Speedy ke Indihome, tapi malah Speedy yang saya putus dan internet ganti provider lain yg sudah FO.
    Kalau kejadian kayak gini saya yang rugi, nomor lumayan cantik (menurut saya) dan beberapa nomor HP saya juga sudah kembar 4 digit terakhir sama nomor PSTN.
    Terimakasih informasinya Mas.

    • Nah itu mas, saya kira dulu juga bisa dipisahkan saat ingin berhenti langganan IndiHome. Kalau dulu di Speedy kan memang terpisah, jadi nomornya tetap ada walau internetnya diputus. Nah… dengan alasan ini bundling jadi putus satu putus semua layanannya. Bisa dikatakan ini semacam trik agar pelanggan jadi berpikir 2 kalau ingin berhenti.

      Memang sebaiknya dipisah – pisah biar tidak repot kedepannya, apalagi kalau nomor teleponnya terpakai. Di kantor juga saya usulkan dan memang diterapkan agar internet menggunakan ISP FO lainnya.

Tulis komentar...