NUKEMAP: Ketahui efek bom nuklir dari ujung jari

Sebagai penggemar militer dan persenjataan amatir kadang penasaran terhadap kekuatan bom nuklir yang digelari sebagai senjata pemusnah massal terkuat di dunia saat ini. Sekarang kita cuma bisa melihat efek ledakan bom nuklir dari video di YouTube, tapi bagaimana kalau kita ingin tahu seberapa besar efeknya kalau bom itu diledakkan di kota tempat anda tinggal?

Saya menemukan jawabannya di NUKEMAP yang merupakan aplikasi simulasi kekuatan dan efek dari ledakan bom nuklir pada suatu titik di dunia, biasanya yang dipakai adalah kota atau daerah. Disini saya ingin tahu kalau sebuah bom nuklir diledakkan di kota Malang tempat saya tinggal. Jenis bomnya sendiri bisa dipilih, saya menggunakan “Fat Man” yang merupakan bom nuklir dengan kekuatan 20 kiloton dan yang dijatuhkan di kota Nagasaki sewaktu perang dunia 2. Langsung saja klik Detonate! untuk meledakkan bom tersebut di kota yang telah ditentukan.

nukemap-malang

Jadi… dari hasil meledaknya nuklir di pusat kota Malang diperkirakan ada 247.150 orang tewas dan 248.670 orang luka – luka, termasuk saya dan rumah saya kalau dilihat dari area efek ledakannya. Ini belum termasuk perhitungan efek radiasi nuklir dan bencana setelahnya. Sungguh mengerikan kemampuan dari nuklir untuk membinasakan manusia dan meluluhlantakkan infrastrukturnya.

nukemap-malang-fat-man-detonated

Di NUKEMAP sendiri ada banyak opsi yang bisa anda ubah parameternya, cek saja bagian Advanced options dan setting – setting yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Melihat hasil simulasinya saya jadi ingat ucapan dari Albert Einstein “Saya tidak tahu perang dunia 3 akan menggunakan senjata apa, tapi yang pasti perang dunia 4 akan menggunakan tongkat dan batu.”. Kesimpulannya memang tidak salah nuklir merupakan senjata yang berbahaya yang diciptakan manusia, semoga saja tidak akan digunakan kembali di bumi ini.

Tulis komentar...