Open Food Facts: Mengetahui kandungan makanan dan minuman yang kita konsumsi

Patut disadari bahwa banyak sekali produk makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari – hari yang diolah menjadi siap saji atau makan. Walaupun kita bisa membaca apa kandungan dan nutrisi dalam setiap produk pada labelnya tapi saya yakin kita sendiri kurang paham apa maksudnya. Karena itulah supaya kita lebih melek dalam mengetahui apa yang kita makan atau minum bisa memanfaatkan Open Food Facts, suatu situs yang mengumpulkan data dan fakta mengenai berbagai macam makanan dan minuman diseluruh dunia. Ya… seperti Wikipedia tapi khusus barang konsumsi.

Karena makanan dan minuman adalah hal yang berpengaruh besar terhadap kesehatan kita maka harus diperhatikan dengan seksama supaya tidak merugikan. Banyak penyakit yang bisa disebabkan konsumsi yang berlebihan pada produk yang dikatakan aman.

Nah… di Open Food Facts ini kita dapat dengan mudah menemukan apa saja kandungan dari satu jenis produk, bisa dicari berdasarkan negara atau merek produknya. Anda juga bisa memanfaatkan sistem barcode. Disini saya mencontohkan Coca Cola Zero berukuran 1.5 liter.
open-food-facts-coca-cola-zero-1-5-litre

Setelah itu kita bisa melihat nutrisinya dan akan ada icon – icon berwarna yang membantu kita memahami apakah jumlah atau rasio zat yang terdapat didalamnya berbahaya bagi kita apabila dikonsumsi sesuai dengan porsinya.

Anda tidak menemukan nama makanan atau minuman yang ingin diketahui informasinya? Maka silahkan ikut menambahkan data tersebut dengan mengupload foto produknya beserta kandungan dan fakta nutrisi yang tercantum di bungkusnya. Hal ini akan membantu orang lain juga.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...