Ownership: Mudah dan cepat mengambil alih permission di Windows

Dalam Windows ada beberapa jenis file dan folder yang tidak bisa dimodifikasi tanpa adanya hak akses yang sesuai (permissions), bahkan dengan hak administrator pun tidak bisa diakses apalagi diubah isinya. Ini dikarenakan pemilik file atau foldernya tidak memberikan ijin agar bisa diutak – atik, dan solusinya kita harus mengambil alih permissionnya.

Kalau anda mengalami pesan error:

  • You don’t currently have permission to access this folder.
    windows-7-currently-permission-access-folder
  • You have been denied permission to access this folder.
    windows-7-denied-permission-access-folder

Dan variasi dari kedua pesan kesalahan diatas, maka berikut adalah solusinya.

Ada beberapa cara sebenarnya, mulai secara manual melalui command prompt atau registry Windows. Keduanya cukup merepotkan kalau anda belum pernah mengutak – atik setting Windows, ada resiko malah merusak sistem juga kalau tidak hati – hati.

Karena itulah ada baiknya kita menggunakan program yang berfungsi khusus untuk mempermudah kita mengambil alih pemilik file atau folder di Windows. Salah satunya adalah Ownership, kita tinggal menekan tombol install dan sudah selesai prosesnya.

ownership

Nanti saat anda mengklik kanan file atau folder apapun dalam Windows Explorer maka akan muncul opsi baru bernama Take Ownership.

windows-explorer-take-ownership

Kalau anda jalankan maka akan muncul jendela command prompt sesaat dan jika anda memiliki hak akses yang cukup maka akan otomatis menjadi milik user account Windows yang sedang anda gunakan. Mudah bukan? 🙂

Tulis komentar...