Paint.NET: Software sakti editing foto dan gambar

Kita sebenarnya (terutama yang seperti saya yang awam masalah desain dan manipulasi gambar) belum tentu membutuhkan Adobe Photoshop dan software profesional lainnya dalam mengedit foto. Saya sendiri memakai Paint.NET sebagai alternatifnya dan fungsinya sendiri lengkap untuk jenis pekerjaan yang saya lakukan sehari – hari. Mumpung baru saja Paint.NET mengeluarkan versi terbarunya (Paint.NET 4.0), saya sekaligus ingin membahas tool wajib yang ada di setiap komputer yang saya gunakan untuk melakukan editing foto atau gambar.

Kalau anda ingin software editing foto dengan fitur dan kemampuan diatas Microsoft Paint tapi tidak ingin serumit Adobe Photoshop, dan terutama gratis untuk menggunakannya maka tidaklah perlu mencari jauh – jauh. Anda cukup mendownload Paint.NET yang ukurannya dibawah 10MB tapi saya berani menjamin fungsinya akan memenuhi sebagian besar sampai seluruh jenis pekerjaan anda yang berhubungan dengan media.
paint-net

Senada dengan aplikasi editing foto dan gambar lainnya, anda akan mendapatkan fitur layer, catatan terhadap setiap tindakan yang anda lakukan dan tentu saja kemampuan untuk membatalkan setiap perubahan, efek spesial untuk menambahkan elemen tertentu, dan masih banyak lagi. Masih kurang fitur – fitur yang ada? Jangan khawatir ada banyak plugin yang bisa anda download dan install untuk menambahkan fungsinya.

Terus terang saja saya sering menggunakannya untuk mengubah ukuran foto, membetulkan orientasi gambar, memotong foto, menambahkan tulisan atau watermark, dan mengkonversi format gambar. Jadi memang tidak banyak fitur tingkat lanjut yang saya perlukan, dan saya yakin hampir seluruh pengguna komputer umumnya juga seperti itu.

Kesimpulannya? Paint.NET merupakan software yang saya rekomendasikan untuk melakukan photo dan image editing di Windows. Apalagi aplikasi ini kecil ukurannya, ringan performanya, dan cepat dalam proses manipulasinya.

Tulis komentar...