Password default dari WiFi BOLT

BOLT dari operator telekomunikasi XL Axiata merupakan layanan internet 4G LTE yang ramai digunakan akhir – akhir ini. Harganya yang relatif terjangkau untuk kita yang sering di luar dan membutuhkan akses internet cepat membuatnya menjadi pilihan utama, tentunya kalau sinyal XL di kota anda cukup bagus. 😀

Ada beberapa jenis modem mobile WiFi BOLT yang bisa anda beli, tergantung dari kebutuhan anda tapi modem biasa pun sudah mencukupi dari pengalaman saya, apalagi sudah ada kemampuan WiFi-nya sehingga bisa diakses oleh banyak orang atau beberapa perangkat sekaligus.

bolt-mobile-wifi

Tapi ada sedikit kejelekan dari sistem hotspot dari Bolt ini, yaitu karena memang fitur hotspotnya mudah digunakan (tinggal nyalakan saja) banyak pemiliknya lalai untuk mengganti password default jaringan Wirelessnya. Lebih parah lagi passwordnya bisa ditebak dengan mudah berdasarkan kombinasi huruf dengan model modem yang terpampang jelas di nama hotspotnya.

Jadi sisanya tinggal seberapa gigih orang tersebut mencoba – coba setiap kombinasi password (ada 9):
B6D3
B6D4
B6D5
B6D6
B6D7
B6D8
B6D9
B6DA
B6DB

Bagaimana cara menggunakannya? Lihat dulu nama jaringan BOLT yang muncul pada WLAN anda, semestinya akan ada nama mirip dengan BOL! SUPER 4G-AA2B. Nanti anda tinggal menggabungkan salah satu kode diatas dan kode dari modemnya (4 karakter terakhir dari nama hotspotnya) menjadi satu: B6D6AA2B dan mencoba login. Kalau belum berhasil silahkan coba semua kode diatas, jika tidak bisa semuanya maka jelas password WiFinya telah diganti.

Saya sendiri sering mengajarkan cara “membobol” WiFi BOLT kepada teman saya yang memilikinya untuk mengingatkan bahwa bisa jadi kuota internet mereka cepat habis (sering mengeluh teman – teman saya) karena ada penumpang tanpa ijin. Saya sangat menyarankan bahwa password default ini harus segera diganti ke yang baru supaya tidak mudah dibajak orang tidak dikenal.

Tulis komentar...