PEiD: Mengetahui suatu program dibuat dengan apa

Sebagai seorang programmer baik masih pemula atau sudah ahli kadang kita penasaran dibuat dengan apa program yang anda gunakan, mungkin anda ingin memastikan teknologi apa yang digunakan aplikasi tersebut untuk fungsi – fungsinya. Siapa tahu software canggih yang biasa digunakan malah masih dikembangkan dengan Turbo Pascal 7.0, untungnya ada cara mudah untuk mengetahui suatu program dibuat menggunakan apa.

Kenalkan PEiD sebuah software yang khusus untuk mengenali teknologi yang dipakai oleh suatu software. Anda bisa dengan mudah melihat suatu program dicompile atau menggunakan bahasa pemrograman apa untuk pengembangannya. Cara menggunakan PEiD sangatlah sederhana, masukkan file executable dari program yang ingin anda identifikasi (file dengan ekstensi *.exe). Maka PEiD akan langsung menampilkan informasi bahasa pemrograman atau compilernya pada kotak yang disediakan.
peid

Kalau anda ingin mengetahui informasi ekstra bisa anda klik tombol >> >> dibawah, dan akan muncul jendela Extra Information untuk mendalami lebih jauh.
peid-extra-information

Anda juga bisa memanfaatkan PEiD untuk analisa file .dll juga, selama file tersebut berjenis binary ada kemungkinan besar PEiD mampu mengenalinya. Kalau ada suatu program tidak berhasil dianalisa (akan muncul pesan “Nothing found *”) ada kemungkinan anda memerlukan update database signature PEiD, silahkan anda update file UserDB.txt yang bisa anda dapatkan dari situs resminya.

Tulis komentar...