Pengalaman ditelepon Asuransi

Sedikit sharing saja pengalaman saat ditelepon agen/marketing asuransi. Tapi secara keseluruhan sama saja dengan asuransi lain untuk sistem penawarannya. Saya pernah dikontak Cigna juga AXA dan berbagai macam rekanan bank. Yang pasti anda harus hati – hati mendengarkan apa isi pembicaraannya, kalau tidak bisa terlanjur bergabung ke polis asuransi yang berbeda dari harapan atau tidak cocok preminya (terlalu mahal).

Yang pertama biasanya kalau kita dihubungi oleh pihak asuransi maka data yang mereka gunakan antara dari pihak bank, anda sendiri yang ingin tahu, atau dari referensi teman/saudara. Pihak bank setahu saya sering bermitra dengan asuransi dan menawarkannya saat kita membuka kartu kredit, inilah yang agak bahaya karena saat telpon sering kali nama asuransinya diomongkan dengan cepat atau digabung dengan bank. Ini memberi ilusi seakan ini jasa resmi dari banknya, padahal mereka hanyalah rekanan saja. Bayarnya memang lewat bank atau kartu kreditnya, tapi urusan klaim belum tentu bisa ke banknya.

Public Domain
Public Domain

Yang kedua adalah jangan langsung memutuskan ikut polis asuransinya. Jangan asal bilang iya atau setuju, karena pembicaraan direkam anda harus berhati – hati. Biasakan menanyakan dulu nama perusahaan asuransinya, kemudian minta nama program asuransi yang ditawarkan, dan minta dihubungi nanti atau besoknya. Apabila anda serius mempertimbangkan maka cek di Google dulu bagaimana reputasinya dan detail dari polis yang ditawarkan. Minta brosur/softcopy ke customer servicenya kalau perlu. Intinya riset dulu sebelum OK.

Saran saya kalau butuh cepat untuk membandingkan beberapa program asuransi secara bersamaan bisa menggunakan situs PasarPolis:
https://www.pasarpolis.com/

Keunggulannya anda tidak perlu registrasi email dan nomor handphone untuk menggunakan layanan komparasinya. Tapi customer service yang divisi email rasanya kurang bagus, 2 kali saya email menanyakan asuransi Cigna tidak dibalas sama sekali. Tapi datanya akurat kok, dan akhirnya saya daftar langsung sendiri ke Cigna karena mereka membalas pertanyaan saya dalam 1×12 jam saat hari kerja.

Yang ketiga, kalau anda tidak berminat harap langsung menolak didepan. Ini menghemat waktu anda dan tidak membuang – buang waktu telemarketernya untuk meyakinkan anda.

Saya bukan agen asuransi cuma saya ingin berbagi opini saja bahwa sebaiknya kita memiliki asuransi kesehatan karena kalau pas kena musibah tabungan pun bisa habis. Dan BPJS Kesehatan pun kadang tidak bisa mengatasi dengan segera. Ambil yang ada sistem cashless (pakai kartu member asuransi) jadi tidak perlu bayar DP/Jaminan di depan saat akan dirawat di rumah sakit. Manfaat asuransi kesehatan ini sudah saya perhatikan sendiri pada sahabat saya saat sakit demam berdarah, jadi tidak terlalu terbebani pengeluarannya.

Oh ya, walau saya akhirnya ikut Cigna tapi bukan berarti asuransi kesehatan ini cocok dengan anda. Dan bukan ada niat promosi. Sebaiknya cari tahu dulu apakah program asuransi apapun cocok tidak dengan kondisi anda sendiri atau keluarga. Tanya teman, kenalan atau saudara yang join asuransi akan lebih baik.

2 pemikiran pada “Pengalaman ditelepon Asuransi”

    • Wah… mana yang terbaik tergantung apa yang dibutuhkan mas. Paling JagaDiri kalau mau murah dan direfund 50% preminya setelah 3 tahun, tapi tidak ditanggung biaya operasi. Yang pasti kalau tidak butuh investasi lebih baik cari yang murni kesehatan karena ini yang bikin preminya mahal.

Tulis komentar...