Pengalaman menggunakan Innovate

Saya sudah beberapa lama berpindah dari Telkom Speedy (sekarang IndiHome) menjadi Innovate Indonesia untuk akses internet di rumah. Singkatnya karena harganya lebih murah dan kecepatannya lebih tinggi. Yang pasti saya puas secara keseluruhan, walau belum ada masalah besar yang terjadi (semoga tidak sampai) tapi ada beberapa hal yang agak mengganggu penggunaannya.

Jadi yang saya gunakan adalah paket LITE dengan kecepatan 3MBPS dan 32 channel TV Kabel, harganya cuma 170 ribu rupiah per bulan sudah termasuk PPN dan biaya administrasi, ini flat dan bukan harga promo. Bandingkan dengan IndiHome 1MBPS dan 99 channel UseeTV yang “cuma” 275 ribu selama 9 bulan dan normalnya adalah 450 ribu. Belum termasuk PPN dan biaya administrasi. Sadis!

Registrasi dan instalasi Innovate

Proses registrasi untuk pemasangan Innovate di rumah sendiri cukup mudah, saya cuma menyerahkan fotokopi KTP dan sisanya diurus oleh petugas mereka. Dan bagusnya proses instalasi ini langsung dilakukan keesokan harinya sejak saya mendaftar, jadi cuma 1 hari saja. Karena sedang ada promo gratis biaya instalasi maka saya cuma membayar Rp.170.000,- pada pengawasnya saat datang ke rumah.
innovate-indonesia-logo
Soal tagihan yang saya rasa berbeda dengan Telkom Speedy adalah pembayarannya di awal (pre-paid) bukan setelah pemakaian (post-paid), jadi awalnya agak bingung juga tapi ternyata cukup mudah kok. Anggap saja beli pulsa handphone yang harus diisi dulu baru bisa digunakan, tidak seperti listrik yang dipakai dulu baru bayar billingnya. Pembayarannya bisa lewat transfer bank, dan kemungkinan besar inilah yang akan saya gunakan nantinya.

Sebenarnya pada proses pemasangan tidak ada kejadian berarti, ya seperti layaknya orang menginstall kabel dan setting modem. Yang saya perhatikan ternyata alat untuk TV Kabelnya tidak dipasangkan padahal ini sudah satu paket dengan yang saya bayarkan. Alasannya Innovate di Malang sedang ada upgrade hardware dan sofware untuk boxnya jadi akan menyusul. Semoga saja tidak dikenai biaya tambahan nanti kalau sudah ada.

Ujicoba akses internet Innovate

Saya mendapatkan sebuah modem bermerek FiberHome AN5506-04-F2 yang memang untuk kabel Fiber Optic. Ada 4 slot untuk koneksi LAN dan tentunya akses WiFi. Tidak ada sesuatu yang wah dari perangkat ini, mungkin di lain kesempatan akan saya cek apa saja konfigurasinya untuk mengoptimalkan performa internet saya.

Nah… setelah si teknisi selesai mensetting modem segera saja saya buka situs SpeedTest untuk menguji koneksi internet saya. Dan… WOW saja, dulu pakai Speedy walau saya menggunakan yang 1MBPS tapi tidak pernah sampai mendekati, biasanya cuma antara 0.6-0.8 MB. Sedangkan dengan Innovate bisa langsung maksimal ke kuota bandwidth yang saya beli yaitu 2.99MB dari 3MB untuk download, sedangkan upload mencapai 15MB, dengan nilai ping antara 35ms – 160ms. Bisa dicek disini hasil pengujian saya.
speedtest-innovate-lite

Setelah membaca hasil test koneksi segera saja saya buka YouTube memutar video secara asal dan benar saja tanpa ada buffering semuanya bisa dimainkan secara lancar dan dalam kualitas HD. 😀

Benar – benar memuaskan.

Masalah yang dihadapi selama menggunakan Innovate

Bukan berarti akses online menggunakan Innovate tanpa ada masalah. Sesuai peribahasnya tiada gading yang tak retak. Selain saya agak kesal karena TV Kabel ternyata telat instalasinya, walau saya tidak pernah menonton televisi tapi rasanya kurang kalau pemasangan tidak selengkap dalam paketnya.

Tapi yang paling penting adalah saat membuka situs – situs tertentu terutama kalau baru pertama kali diakses biasanya akan muncul error website tidak ditemukan. “Website not found”, “This webpage is not available”, “DNS Lookup Failed” dan semacamnya.

chrome-this-webpage-is-not-available

Usut punya usut ternyata DNS server yang digunakan Innovate bermasalah atau belum memiliki data mengenai alamat situs tadi, dan solusinya cukup mereload halaman maka sudah bisa dimuat… biasanya. Kadang harus dilakukan berulang – ulang baru bisa. Alternatifnya ya harus mengganti DNS server yang digunakan Innovate ke yang lainnya.

Kesimpulannya

Jujur saya saat ini saya puas atas kualitas Innovate baik koneksinya dan pelayanannya. Selain problem yang saya sebutkan diatas dan dapat dianggap sebagai masalah kecil tidak ada lagi kekurangan yang saya temukan. Yang paling penting saat hujan juga tidak mati akses internetnya yang rutin saya alami saat menggunakan Speedy. 😀

Oh ya, entah kenapa lokasi saya selalu dideteksi berada di Tangerang kalau tidak Depok (selalu di area Jawa Barat), padahal saya ada di kota Malang yang ada di Jawa Timur. Mungkin alamat IPnya belum diupdate atau memang menggunakan alamat IP untuk kota – kota tersebut.

222 pemikiran pada “Pengalaman menggunakan Innovate”

  1. wah wah perlu diingatin nih, ini lo gan

    Sudirman September 21, 2015
    yeeeeeeeeee :). parah parah. sebenarnya mereka naruh kabel FOnya dimana sih kok bisa2 putus secara tiba. gara.
    Chandra Utama September 21, 2015
    Dekat dengan jembatan Suhat kalau saya lihat fotonya, nanti saya tanya – tanya detailnya. Semoga dijawab. Haha. ? Saya penasaran kenapa kok sering kali putus.

    Yang saya tanyakan itu tentang posisi peletakan kabel FO itu dimana kok bisa putus itu lo gara2 hal2 yang tidak perlu

    • Oalah… saya cek komentar lewat hp mas. Agak repot scrollnya. Haha. Katanya sih mas gara – gara pemasamgan baliho, jadi kan gali dan kena kabel FOnya Smartfren/MyRepublic di dekat jembatan Suhat.

  2. Wah wah ini kok IP address-nya payah banget. ada beberapa situs yang gak bisa diakses gara2 bad gateway. bang**t parah banget. jadi harus pake VPN. padahal situsnya gak termasuk blokiran internet positif. Payah !!!!!!!!!. Dan gangguan demi gangguan selalu datang menghampiri ui bukan ping aja T_T tapi menjurus ke koneksi internet secara keseluruhan

    • Haha… tampaknya MyRepublic punya list sendiri mas. Kemarin saya cek di Trust Positif/ DNS Nasional (database blokir website Indonesia) dan situs yang biasanya bisa diakses malah kena Internet Sehat, tapi tidak ada di datanya. Mengamati pola penggunaan pelanggan tampaknya. Ck ck ck.

      Kalau Gateway itu error dari software cache atau proxy jaringan MyRepublic mas atau alamat yang diakses menggunakan HTTPS dan termasuk daftar blokir – dijamin langsung error sertifikat SSL – ini karena pembajakan DNS dan penyadapan trafik browsing gagal. Haha. 😀

    • Kasih link saja mas, gambarnya bisa diupload di Dropbox/Google Drive atau image hosting lainnya. Atau ikut share di http://ispnesia.com/ bisa upload gambar juga. Hehe. 😛

      Yang jam malam mas? Saya sempat merasakan kurang lebih 30 menitan tidak stabil. Tapi semingguan ini tidak ada masalah separah sebelumnya.

  3. Salam kenal mas,
    saya ingin berlangganan Myrepublic tapi sayangnya belum masuk coveragenya,
    nah kebetulan yang sudah ada di sini itu MnC dan Indihome, yang ingin saya tanyakan Myrepublic bila dibandingkan MnC atau Indihome lebih baik yang mana? dan pengalaman mas sampai saat ini bagaimana menggunakan Myrepublic mas?
    terima kasih

    • Halo Dimas, salam kenal juga. 🙂 Ini anda di daerah mana ya mas? Atau sama – sama Malangnya? Kalau MNC Play Media saya cuma bisa membandingkan teman saya di Jakarta ya mas, agak terbatas jadinya.

      Menurut saya untuk harga yang setara masih lebih baik MyRepublic, soal kestabilan koneksi sebenarnya semua sama saja ada masalahnya tapi masih dalam batasan toleransi. Yang paling penting aslinya customer servicenya mas, kalau ada masalah supaya tidak ditelantarkan. Nah… ini yang buat saya kangen Telkom. Haha. 😀 Kalau MNC dan MyRepublic kurang lebih sama untuk urusan layanan pelanggan alias lebih baik ditinggal tidur setelah komplain. Semoga kedepannya bisa lebih baik dan bersaing secara kualitas jadinya.

  4. Weh itu speed uploadnya ga nahan, jauh amat sama download & beda sama ISP lain yg rata2 speed download lebih gede kalau ini ko kebalik mas
    Sy pakai first media mentok dibawah 1Mbps uploadnya

    • Halo Lela, waktu itu mungkin masih baru jadi limitnya untuk upload agak longgar. Sekarang sudah tidak setimpang dulu kok, sesuai paket langganannya.

  5. gan mau tanya nih kalo misalkan rumah ane kan bukan di perumahan di daerah pamulang, kalo untuk pemasangan baru gimana ya gan? apa harus nunggu tercover jaringan atau bisa psang baru mungkin? mohon penjelasannya gan ane lg butuh bgt nih hehe

    • Selamat malam Nico, paling mudah sih coba anda perhatikan apakah ada tiang FO milik Innovate/MyRepublic dalam jarak kurang lebih 50 meter dari rumah anda. Kalau ada bisa diusahakan mas pemasangannya. Ini saya diberitahu marketingnya dulu saat teman saya ingin memasang tapi lokasinya masih bersebelahan dengan area yang dicover.

    • kalo misalkan belum ada gimana gan? saya kurang tau sih ada atau nggak nya cuman di pamulang sih udah banyak yang make. saya coba telpon cs nya juga gabisa terus gan

  6. Walah, Gan ini kayaknya artikelnya perlu di-update ini. Setelah, apa yang saya alami semenjak 7 bulan terakhir berlangganan Innovate/Myrepublic. Saya nyatakan kalau ISP yang satu ini CS,nya buruk. Karena Gak fleksibel. Kecepatan Internet tidak stabil ketika memasuki pukul 19.00-22.00 dan IP address yang static bikin stress gara2 harus buat VPN terus kalau pengen akses situs web. Bahkan macam FB sekalipun. Langganan TV juga harus siap2 kecewa gara2 kalau pas malam. TV nya ikut nge-lag bersamaan dengan internetnya.
    —————
    Yah tapi setidaknya Gangguan diatas masih forgiving lah karena it’s price cheaper daripada Tetangga sebelah “Indihome” Yang harga paketnya hampir 2 lebih mahal dibandingkan dengan paket Termurah Innovate/Myrepublic

    • Haha… kayanya saya sudah singgung sekilas kalau customer servicenya memang – bahasa halusnya – kurang dari harapan. 🙂 Untung masih bisa ditoleransi karena unggul di harga dan bandwidthnya dibandingkan tetangga sebelah. Oh ya mas, First Media (FastNet) sudah mulai masuk Malang, kabarnya di daerah Lahor dan jalan Burung – burungan mulai promo pemasangan.

      Kembali ke customer service, asli jembatan saya dengan pihak MyRepublic itu lewat marketingnya. Paling mudah dicari, agak sungkan juga sebenarnya karena bukan tugas mereka kalau ini.

      Saya pernah komplain lewat email, tapi dibalas dengan auto-reply dan tidak ada kabarnya setelah itu. Lewat Twitter juga, kalau tidak sesuai dengan tema #InternetRocket atau kegiatan mereka yang lain kok diabaikan. Kalau ga bisa ya mohon dibalas lah, masa pelanggan dikacangin. Haha. 🙁

  7. duh penyakit lamanya kambuh lagi kambuh lagi. paket loss lagi. sial banget deh. masih mending ping agak tinggi dikit sekitar 70-90 ms daripada 30 ms tapi paket loss tiap 3 menit. parah zzzzzzzzzzz 🙁

    • Itu kalau dilihat alur routingnya memang masalah di jaringannya MyRepublic sendiri mas. Ini cuma bisa komplain saja, ga ada solusinya kalau dari sisi pelanggan. Padahal mereka menawarkan paket gamer lho, bandwidth gede tapi ga stabil ya sama aja hancur.

      Pas pagi tadi saya tes agak kaget sih, ternyata bisa turun pingnya sampai 14-15ms. Sebelumnya cuma bisa 30an ms. Mungkin pas dini hari sepi yang pakai.

  8. saya mau coba pakai WTFast nanti tapi kalau misalnya gak ngefek ke packet loss nya ya percuma. Saya pulang kerja tiap pukul 17.00 WIB. Masak pas mau pakai pukul 19.00-22.00 gak bisa dipakai. Jelas merugikan dong. Wong saya cuma bisa mainnya jam segitu aja. parah. Masak harus nunggu hingga pukul 23.00 dst, zzzzzzz. Penyakitnya ini kalau gak salah mulai kambuh ketika habis bayar tagihan+tunggakan. Apa nunggu saya tunggak tagihan baru layanannya baik.

    • Hmm mungkin ada efeknya sih mas, ini kan semacam VPN tapi khusus ngegame. Tapi kalau masalahnya sudah diluar tempat kita ya repot solusinya. Apalagi kalau pas komplain ga nyambung. 🙁 Eh selama main game tidak sambil download atau semacamnya mas? Coba software traffic shaping seperti cFosSpeed supaya otomatis diatur prioritas koneksi internetnya.

  9. Yah saya harap game yang saya mainkan ini gak termasuk game yang route buat ke servernya ngandalin speed internet. Soalnya saya udah pernah pakai VPN malah gak mau login gamenya. Saya terakhir pakai cyberGhost kalau gak salah

    • Halo Araquilla, area Malang ya? Dari jam 10 malam mulai putus total, sempat bisa sesaat asal bisa akses lewat alamat ip, tapi cuma beberapa menit.

      Saya sudah tanya langsung tapi cuma dibilang ada gangguan di kantor Malang. Mungkin maintenance kok malam sekali kejadiannya.

    • Kayaknya kemarin itu gangguannya gak dari pukul 10 malam. Kalau di saya mulai dari Jam 1 siang gan. Sebel. Memang sempat kembali pukul 17.00-21.30 tapi tiba2 putus lagi, Padahal saya dihubungi via SMS kalau maintance sudah seleai pukul 14.00 WIB. 🙁

    • Loh iya mas? Kebetulan saya siang keluar sih, dan keponakan di rumah tidak komplain jadi normal – normal saja mestinya.

      Yang SMS itu saya dapat 2 kali kemarin, tapi membahas TV Kabel jadinya saya anggap internetnya tidak terpengaruh.

  10. Gak tahu juga sih tapi kalau di tempat saya gitu kok yo pas tepat saya pulang internet gak bisa. Saya udah re-start modem berulang kali emang mau connect tapi beberapa saat mesti down, restart lagi bisa tapi down lagi. Padahal di connection status infonya Internet Access tapi gak bisa buat browsing. Saya ping nyambung tapi paket loss 100%. Baru kembali agak normal pas pukul 17.00 tapi sudah putus lagi pas pukul 21.30. Dan parahnya lagi pemberitahuan kalau lagi gangguan munculnya pas jam 07.40 pas lagi di kantor. Waduh !!!!!. Saya sudah kayak gini untuk yang ketiga kalinya kayak gini. Sebelumnya juga putus total hari minggu dan hari rabu kemarin. :(. Untuk masalah ping sih gak ada apa2 tapi pas tiap kali mau putus itu mesti ping tiba jadi tinggi dari yang tadinya 30ms ke 160 ms lalu gak sampai 1 jam sudah putus total. Masih mending packetloss nya banyak daripada diputus total 🙁

    Edit:

    itu yang 07.40 hati ini gan

    Edit2:

    *hari

    • Mungkin karena banyak penggunanya ya mas, apalagi jam pulang kerja pikirannya sama semua: refreshing dengan main game atau nonton. Kalau saya sih banyakan browsing sama downloadnya, jadi tidak sefatal itu kalau ada ketidakstabilan koneksi, tinggal reload saja.

      Ini saya diberitahu kalau yang kemarin masalah se Indonesia.

    • Halo Puspita, sudah ganti nama menjadi MyRepublic mbak namanya. Tapi alamat kantornya tetap kok di Soekarno Hatta. Ancer – ancernya ada di ruko sebelah kiri jalan kearah Permata Jingga. Tahu cafe Bara – bara? Kalau sudah kelihatan plangnya langsung masuk saja ke areal parkiran rukonya lanjut ke tengah, nah disitu kantornya. Warna ungu.

    • Halo Francesco, yang bagus ini sangat relatif ya mas. Haha. 😀 Di wilayah saya MyRepublic ini cukup bagus lah, dulu memang sering down dan tidak stabil tapi sekarang sudah lebih baik. Harganya sendiri adalah yang paling murah, cuma customer servicenya susah dihubungi. Jadi kadang terpaksa datang sendiri ke kantornya.

      IndiHome masih rajanya karena sudah masuk dari awal, cuma tarifnya yang paling mahal setahu saya. Kecuali yang dibicarakan harga promo. Customer servicenya bagus, mudah dikontak.

      First Media ini di tengah – tengah lah urusan harga, kecepatannya ya sesuai paket. Tapi kurangnya – berdasarkan invoice teman saya – kok banyak biaya sewanya ya. Jatuhnya bisa saingan dengan IndiHome soal biaya. Ini harga normal tapi, bukan promo. Saat ini di Malang baru saja masuk, jadi no comment dulu. Tunggu beberapa bulan lagi.

      Tinggal MNC Play Media saya belum tahu informasinya, menunggu teman yang lain terhasut dan saya bisa mencobanya. 😛

    • Halo Dedeh, saya ada kontak marketing Innovate/MyRepublic yang direkomendasikan:
      Issa: 0881 9109 418, bisa dikontak lewat WhatsApp juga.
      Kalau marketing ISP lain biasanya sudah enggan ditanya setelah pemasangan maka mas Issa ini paling ramah, sering saya repotkan kalau internet bermasalah atau mati total.

  11. Salam Kenal..
    Saya baru pertama kali ini pakai Provider MyRepublik, sinyal internetnya bagus. posisi saya ada di graha Gardenia Saptorenggo Kec. Pakis Malang. kebetulan ikut paket 6 mbps dng biaya Rp. 179.900,-.
    utk Internet MR top markotop….

  12. salam pak.saya menggunakan innovate kurang lebih 2tahun tapi kok gak spt yang lainya,sinyal buruk .masa rumah 2 kamar kecil aja.internet kadang bisa kadang gak.jadi klo internetan harus di samping modem server parahnya sekarang wefi gakbisa.kalau pakai kabel bisa.tapi tetangga saya pakai wefi di jalan depan rumahnya msh bisa konek.saya tinggal di griya taman asri sidoarjo,telp 085108057755 ..help me…..thanks

    • Halo Sahudi, anda pakai modem merek dan tipe apa mas? Coba cek di modemnya pada setting WLAN/WiFi untuk opsi Transmit Power atau istilah semacamnya. Coba dimaksimalkan, ini untuk setting kekuatan sinyal WiFi.

  13. gan saya cek wibsite order myrepublic, posisi rumah saya kok ga ada ya untuk jalan Arjuno.3 RW 01 RT 12 Malang Kota. itu gimana gan meski ga ada di list jangkauan area, emg bisa order kah? padahal Malang Kota gan. thx bantuannya

    • Halo Yudha, wah… kalau belum ada ya kemungkinan besar tidak bisa mas. Mas cek di wilayahnya mas sudah ada belum jaringan MyRepublic? Kalau berdekatan mungkin bisa diusahakan. Coba kontak salesnya mas: 0881 9109 418

  14. wah padahal malang kota gan, oke gan mungkin besok saya ke kantornya myrepublic aja biar jelas. letak kantornya kira2 dimana ya gan kalo dari pizzahut

    • Lurus saja mas, ke arah pesawat Permata Jingga ya tapi tidak sampai disana. Berada di ruko sebelah kiri. Ancer – ancernya kalau mas lihat komplek ruko dan ada cafe Bara – bara masuk saja ke areal parkirannya dan tepat di tengah deretan ruko itu kantornya MyRepublic.

  15. Gan kalo saya ingin masang innovate trus daerahnya blom ada tiang innovate/my republik. Solusinya gmn tuh gan

    Edit:

    Ada sih tiangnya cmn yang paling dekat jaraknya 1.3 km gmn tuh mas

    • Halo Wildanul, wah ya sulit mas. Coba kontak saja marketing MyRepublic untuk wilayah anda, tanya apa bisa diusahakan. Setahu saya cuma bisa 50 meter dari tiang terdekat untuk pemasangan. Lebih dari itu ya cuma inden.

  16. paket ini kayaknya menarik gan, saya sekarang makek wiifi speedy dan barusan juga nginstal indihome uc tv, speedy banyak mengecewakan sedangkan indihome saya rasa cukup bagus memang horor cos,nya. yg bikin pusing mau berhenti makek speedynya dan cuman pengen makek paket indihome aja… lha kok ribet banget sulitnya gak ketulungan, padahal cuman mau close aja.
    pusing2 tak putusan dua – duanya aja baik speedy maupun indihome,nya.
    mau makek innovet aja sepertinya recomend banget.

    • Halo Aminur, betul mas. Sampai saat ini walaupun kadang ada masalah koneksi (ISP mana yang ga?) tapi secara keseluruhan stabil lah. Oh ya, namanya sudah ganti jadi MyRepublic mas.

Tulis komentar...