Pingdom: Laporan uptime website setiap menit

Saya sudah pernah membahas layanan website monitoring gratis seperti Uptime Robot dan StatusCake yang cukup memadai kebutuhan kita memantau uptime dan downtime seluruh situs yang kita miliki. Tapi kali ini akan saya perkenalkan layanan milik Pingdom yang lebih baik lagi tapi juga lebih terbatas.

Kembali ke fokus pembicaraan, Pingdom hanyalah memberikan satu buah properti online saja yang bisa dimonitor dan secara berkala (per menit) dicek uptimenya untuk layanan gratisnya. Ini bisa website, VPS, Server, ataupun layanan apa saja yang bisa diakses melalui internet.

Nah… seperti standarnya layanan pemantauan kesehatan uptime dan downtime website maka setelah anda menambahkan alamat situs anda maka akan segera dicek respon website tujuan. Kemudian setelah beberapa lama akan muncul grafik kondisinya yang cukup informatif dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami maksudnya.
pingdom-uptime-graph

Warna hijau menandakan uptime, merah untuk downtime, dan abu – abu statusnya tidak diketahui. Sedangkan tinggi rendahnya garis menunjukkan waktu yang dibutuhkan server atau website memberikan respon terhadap akses bot Pingdom saat melakukan pengecekan.

Tepat dibawahnya akan muncul statistik singkat mengenai berapa lama website anda hidup (uptime) dan mati (downtime) yang akan dibandingkan dengan rentang waktu pemantauan. Dalam gambar ternyata situs saya mengalami downtime selama 14 jam lebih sebanyak 10 kali hanya dalam 1 minggu. 🙁 Jadi rasio uptime saya adalah 91.18 persen saja.

pingdom-uptime-report

Tentu saja sudah disediakan tabel yang berisi daftar uptime dan downtime website tersebut beserta waktunya. Karena dipantau setiap menit maka hasilnya akan lebih akurat dibandingkan kedua layanan yang sebutkan diawal karena mereka hanyalah 5 menit.

pingdom-uptime-table

Ingin tahu apa yang dilihat Pingdom saat terjadi downtime? Disebelah kanan baris yang berisi downtime (warna merah) akan muncul tombol Root Cause Analysis dan akan muncul analisa penyebabnya.

pingdom-downtime-root-cause-analysis
Kelebihan Pingdom selain frekuensi pengecekan yang lebih sering juga adalah fitur pelaporan masalah yang dideteksi ke nomor handphone kita melalui SMS, dan kita diberi jatah sebanyak 5 SMS setiap bulannya. Jadi selain ke email juga kita diperingatkan melalui SMS. Ini jelas membuat kita merespon setiap insiden lebih cepat dan memperbaikinya dengan segera.

Kesimpulannya walau cuma dijatah satu saja tapi benar – benar ampuh, pasangkan saja pada website terpenting anda. Dijamin tidak akan ada masalah apapun yang terjadi terlewatkan.

Mungkin anda pernah mengenal nama Pingdom sebelumnya saat membaca artikel ini, memang benar karena mereka juga menyediakan layanan gratis untuk pengujian kecepatan website, saya cukup sering menggunakannya untuk mengecek performa situs.

Oh ya, mereka juga memberikan satu fitur untuk memonitor pengunjung website anda, bukan seperti Google Analytics tapi melihat perilaku pengunjung dibandingkan kecepatan respon website anda. Jadi anda bisa melihat sebenarnya setiap orang yang membuka halaman tertentu situs anda membutuhkan waktu berapa lama.

Satu pemikiran pada “Pingdom: Laporan uptime website setiap menit”

Tulis komentar...