Pixabay: Gambar gratis berkualitas tinggi

Seringkali saat saya membuat artikel membutuhkan foto atau gambar yang selain cocok juga berkualitas tinggi, dan yang paling penting lisensi untuk penggunaannya adalah gratis tanpa batas komersial. Ya… karena cukup mahal kalau membeli stock image sendiri. Karena itulah Pixabay menjadi solusi terbaik saya untuk mencari foto – foto dengan resolusi tinggi tapi bebas dipakai dalam batas wajar.

Kita tinggal membuka situs Pixabay dan mengisikan kata kunci mengenai gambar yang diinginkan, tentunya dalam bahasa Inggris. Isikan filter – filternya kalau mau, tapi ini opsional. Anda bisa mengaturnya seperti jenis gambar, kategori, warna, orientasinya dan sebagainya – sayang tidak ada untuk jenis lisensi. Kalau sudah klik saja icon kaca pembesar.
pixabay

Akan muncul gambar – gambar yang sesuai dengan kriteria pencarian anda, silahkan geser kebawah sampai anda menemukan apa yang anda rasa cocok dengan kebutuhan anda, dan tentu saja klik gambarnya.

pixabay-search-results

Oh ya, kadang akan muncul gambar yang diberi watermark seperti tulisan ShutterStock, ini merupakan produk sponsor dan berbayar.

Anda akan dibawa ke halaman detail mengenai gambar tersebut, silahkan pilih apa resolusinya dan download.

pixabay-tiger

Jangan lupa perhatikan jenis lisensinya sehingga tidak sampai kita melanggarnya tanpa sadar. Kebetulan foto harimau yang saya cari berlisensi Public Domain sehingga bisa digunakan secara komersil tanpa perlu atribusi.

Bahkan Pixabay memiliki plugin WordPress yang akan otomatis mengupload gambarnya dan memberikan atribusi lisensi yang sesuai, benar – benar tidak ribet dan cocok bagi pemilik blog WordPress.

Catatan tambahan saja, kalau anda membutuhkan gambar vektor atau ilustrasi yang berlisensi Public Domain juga bisa mencoba OpenClipArt. Ini juga salah satu layanan favorit saya dalam mencari gambar gratisan.

Tulis komentar...