Power Bank Palsu

Karena saya sering berkeliaran diluar maka handphone merupakan senjata yang wajib dibawa – bawa. Yang jadi masalah kalau baterainya sekarat atau habis, jelas membatasi aktivitas diluar dan buru – buru mencari colokan listrik dan menchargenya. Maka dari itu sebuah Power Bank bisa menjadi solusinya. Tapi kali ini saya akan fokus cerita mengenai Power Bank palsu atau KW yang tampaknya banyak ditawarkan.

Salah satunya adalah milik teman saya dengan merek Samsung dengan kapasitas 32.000 mAh dengan harga cuma Rp. 110.000. WoW! Fantastis sekali murahnya apalagi dengan kapasitas sebesar itu. Teman saya yang lain ternyata ikut menjualnya. Karena saya dalam keadaan butuh dan ini teman saya yang menjual jadilah saya coba – coba ikut membelinya sekaligus silahturahmi.
power-bank-samsung-palsu-depan

Dari awal saya sudah diberitahu bahwa ini adalah Power Bank Samsung KW, saya cek memang Samsung saat ini belum ada produk Power Bank resmi di Indonesia. Karena paham ini KW saya lebih toleran terhadap bagaimana kualitasnya. Di Kaskus sendiri saya banyak melihatnya.

Saya cuma menanyakan dalam penggunaan di dunia nyata ini bisa digunakan untuk berapa kali charging untuk handphone saya (Lenovo A369i), dan jawabannya adalah untuk BlackBerry bisa untuk 4 kali cas dari penuh sampai kosong Power Banknya. WTF… sungguh jawaban yang tidak jelas, ini handphone yang mana bisa diisi 4 kali? Kan kapasitas baterai setiap ponsel berbeda tergantung modelnya.

Akhirnya tetap saja saya nekat membelinya dan anggap saja sebagai ujicoba kualitas Power Bank palsu ini. Saya sudah menggunakannya sampai hari kurang lebih 3 bulan dan dari pengalaman ternyata cuma bisa dibuat mencharge hp Lenovo saya sebanyak 2 kali. 🙁 Padahal baterai handphone saya cuma 1500 mAh.

Selain ternyata kemampuan Power Bank tidak sesuai deskripsinya (yah… barang KW berharap apa juga 🙂 ), juga saya sudah menghabiskan kabel USB 3 buah karena setelah dipasangkan ke Power Bank lama – lama akan rusak seperti tidak ada sambungan. Jadi kadang harus putar – putar, dibuat simpul agar ada daya listrik yang masuk ke handphone. Bisa dikatakan rugi beli kabel USB to microUSB nya saya. 🙁

Cuma ada satu fitur yang sering saya gunakan yaitu ada senternya. 😀 Haha… saya sendiri tidak menyangka senter bawaan Power Bank sangat membantu disaat darurat saat di jalan.

Kesimpulannya untuk power bank palsu atau kw ini anda harus tidak berharap banyak. Kalau anda menemukan harga power bank yang sangat murah dan kapasitasnya lebih besar dari power bank resmi maka harus hati – hati daripada kecewa. Buyer beware. Mereknya sendiri tidak harus dengan Samsung, banyak juga yang lain kok cuma ini yang saya lihat populer dijual.

Oh ya, saya menemukan di internet kalau power bank murah ini sebenarnya berisi baterai biasa rechargeable yang ditanamkan didalamnya. Saya belum anda niat membongkar milik saya walau memang curiga tampaknya memang seperti itu, tapi akan saya update dengan fotonya kalau sudah tidak bisa digunakan dan mengecek isinya.

Tulis komentar...