Send To My Cloud: Menerima file upload dari orang lain

Apakah anda ingin menerima file tapi tidak ingin dikirimkan ke email, mungkin alasan keamanan atau kuota disk space dari akun email menjadi masalahnya. Kasus semacam ini kadang saya alami saat pengunjung uTekno ingin mengirimkan file yang bermasalah atau screenshot error, dan ternyata mengirimkan email atau mengupload screenshotnya bisa cukup repot. Baru – baru ini saya menemukan solusinya yaitu membiarkan pengguna atau pengunjung situs untuk mengupload ke akun DropBox saya.

Tentu saja secara dari DropBox tidak ada metode yang memberikan akses kepada selain pemiliknya, karena itulah disini letak peran dari layanan Send To My Cloud. Dengan memakai layanan ini kita bisa membuat sebuah tempat agar user bisa mengirimkan file ke pemilik akun cloud seperti DropBox atau Google Drive. Kita bisa menggunakannya secara gratis tapi ada batasan ukuran maksimal sebesar 20MB, sudah lebih dari cukup untuk penggunaan biasa.

Nanti setelah anda mendaftarkan paket gratis dari Send To My Cloud akan ada 2 pilihan dimana lokasi penyimpanan filenya, saat ini hanya 2 yaitu DropBox dan Google Drive.

send-to-my-cloud-add-new-connection

Silahkan klik saja salah satu dan akan otomatis dialihkan ke halaman hak akses dari masing – masing layanan. Konfirmasikan bahwa anda memberi izin. Disini saya mencontohkan integrasinya dengan DropBox.

dropbox-api-request-send-to-my-cloud

Kembali ke halaman dashboard Send To My Cloud, silahkan buat sebuah Box dan isikan data – datanya. Mulai dari URL, nama boxnya, dan akun Cloud yang digunakan.
send-to-my-cloud-create-new-box
Setelah itu anda bisa langsung membagikan link kotak Send To My Cloud anda untuk menerima upload dari orang lain.
send-to-my-cloud

Oh ya, untuk versi gratisnya kita cuma bisa membuat satu buah inbox untuk menerima file hasil upload, maksimal besar file adalah 20MB, satu koneksi ke akun cloud, dan bandwidth sebesar 1GB.

Cara ini lebih baik dan ramah pada orang gaptek karena kadang ukuran file yang ingin dikirimkan melalui email terlalu besar, dan mengupload pada akun Cloud baru dishare bisa merepotkan pengguna awam.

Tulis komentar...