ShortPixel: Kompresi gambar otomatis di WordPress

Kabar matinya server Smush.it milik Yahoo membuat banyak orang dan layanan yang menggunakannya untuk mengoptimalkan ukuran gambar juga foto kebingungan. Terutama pengguna plugin WP-Smush.it (kabar gembira, sudah diambil alih oleh WPMUDEV – sekarang sudah normal kembali) banyak yang mencari plugin alternatif untuk memperkecil ukuran gambar yang diupload di situs WordPressnya.

Saya perkenalkan sebuah plugin bernama ShortPixel Image Optimizer dan telah saya ujicoba di blog – blog lainnya dan hasilnya cukup memuaskan. Tentu anda sudah tahu cara menginstall plugin WordPress kan? 😉

Jadi saya langsung membahas hal – hal lain yang berhubungan dengan setting pluginnya, anda membutuhkan API Key untuk mengaktifkan fungsinya dan bisa didapatkan secara gratis di situs ShortPixel dengan membuat akun.

shortpixel

Untuk layanan gratisnya dibatasi pemrosesan 10.000 gambar setiap bulannya, lebih dari cukup untuk blog kebanyakan. Defaultnya plugin ini akan mengkompresi ulang setelah gambar diupload, jadi untuk gambar – gambar yang ada sebelum ShortPixel diinstall harap menggunakan fitur Bulk ShortPixel atau optimasi gambar massal di halaman Media.
shortpixel-stats-wordpress-plugin-settings

Jangan lupa secara rutin membersihkan direktori backup yang dibuat secara otomatis, ini memang untuk berjaga – jaga agar setiap gambar yang dikompresi jika mengalami masalah ada cadangan filenya tapi kalau normal – normal saja bisa memenuhi disk space hosting anda. Jangan kaget kalau tiba – tiba muncul pesan kalau kapasitas web hosting anda sudah kritis.

Tulis komentar...