Shutdown8: Mematikan komputer dengan timer

Cukup sering saya temui ada satu program atau proses yang memakan waktu lama untuk menyelesaikannya. Kalau kita bisa menunggunya tentu tidak ada masalah, tapi kalau kita harus pulang kantor atau meninggalkan rumah maka kadang mematikan komputer bukanlah pilihan – misal kita biarkan juga sayang listrik kalau dibiarkan menyala walau prosesnya sudah selesai. Karena itulah kita perlu mengotomatiskan proses shutdown Windows supaya dijalankan otomatis setelah proses tadi berakhir.

Tentunya kalau tidak ada waktu pasti mengenai durasi proses bisa kita perkirakan berapa lama. Setelah itu silahkan gunakan Shutdown8, sebuah program sederhana yang fungsinya adalah untuk mematikan komputer setelah timer yang telah ditentukan habis. Saya peringatkan harap anda pilih Timer pada menu yang muncul karena perintah lainnya adalah menjalankan langsung apa yang dipilih tanpa ada waktu hitung mundurnya.
shutdown8
Anda tinggal memilih atau mengisikan sendiri berapa waktu yang dibutuhkan dan setelah itu akan dishutdown. Tapi sebenarnya ada opsi lain seperti Restart, Log off, Sleep, dan Hibernate jika anda membutuhkannya.

Shutdown8 merupakan tool kecil yang kadang – kadang berguna, misal anda mengalami kasus yang mirip dan tidak bisa segera mematikan komputer saat dibutuhkan maka anda bisa menggunakannya untuk mematikan komputer secara terjadwal.

Tulis komentar...