Solusi BIOS bermasalah

Sedikit musibah terjadi saat kemarin saya mengupdate BIOS dari laptop ASUS A46CA ke versi terbarunya, jadi pada proses flashing ROM malah berhenti di 99% dan sampai 1 jam tidak selesai – selesai. Karena takut ada apa – apa akhirnya saya restart dan disinilah masalahnya, cuma muncul logo ASUS saat booting tapi tidak masuk – masuk ke loading Windows. Waduh… 🙁

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat masalahnya ada pada BIOS, entah layar hitam cuma muncul teks saja, muncul logo pabrikan motherboardnya, langsung masuk setting, atau muncul bunyi – bunyian. Yang pasti hampir semuanya menandakan masalah fatal.
asus-a46ca-bios-start-programming-flash

Sekarang mari kita coba beberapa cara untuk mengatasinya selama masih bisa masuk setting BIOS (tekan F2 atau Delete):

  1. Silahkan reset BIOS kembali defaultnya. Ini cara paling mudah dan biasanya sudah berhasil cukup dengan cara ini.
  2. Matikan SecureBoot. Aktifkan CSM juga kalau ada.
  3. Pastikan urutan booting sudah benar.
  4. Cek apakah menggunakan AHCI atau tidak, tes dengan dihidupkan atau dimatikan opsinya.

Tentu saja coba satu per satu, jangan semuanya secara bersamaan. Setelah mengganti satu konfigurasinya coba reboot komputer dan semoga bisa.

Bagaimana kalau tidak bisa masuk BIOS? Masih ada solusinya:

  1. Berani bongkar? Coba cari jumper untuk reset CMOS dalam motherboard anda, atau lepaskan baterainya beberapa menit kemudian pasang kembali. Ini akan mereset BIOS juga.
  2. Untuk laptop ASUS coba tekan tombol CTRL+HOME saat booting BIOS, ini akan memanggil Crisis BIOS Recovery dan bisa dipulihkan settingnya dari sini.

Nanti akan saya update misal ada metode baru atau koreksi, terutama untuk merek – merek motherboard/notebook lain.

Sedikit cerita soal update BIOS, prinsipnya kalau tidak rusak jangan diperbaiki. Kecuali anda memerlukan versi terbarunya atau ingin belajar. Walaupun sangat jarang gagal, tapi kalau bermasalah lebih repot lagi dibandingkan Windows rusak memperbaikinya.

Salah satu pertanyaan yang sering masuk adalah apakah bisa merusak motherboard? Saya bohong kalau bilang tidak mungkin, ada resiko tapi biasanya akan langsung dimatikan otomatis kalau dideteksi adanya masalah. Seperti kelebihan daya listrik atau kepanasan maka untuk perlindungan bisa langsung mati komputernya. Selama 10 tahun lewat saya mengupdate BIOS cuma kejadian rusak permanen 2, merek ABIT dan DFI dan ini pun sekitar 8 tahun lalu. Sedangkan motherboard dan laptop baru memiliki perlindungan lebih, minimal ada backup BIOS yang bisa digunakan untuk memulihkan konfigurasinya. Tinggal tahu tidak caranya.

Semoga bermanfaat. 🙂

5 pemikiran pada “Solusi BIOS bermasalah”

  1. Laptop ane N46VM gan.
    Masalahnya pas ane mau instal ulang., kan ane seting bios. Trus booting via flasdisk. Pas ane restart gak muncul apa2. Layar hitam lampu indikator nyala.
    trus ane coba masuk bios lg gak bisa2.
    Mohon solusinya gan..?

    • Halo Fauzi, tapi kalau dilepas flashdisknya normal bisa ke BIOS mas? Ya ada yang salah berarti pada instalasi Windowsnya, yakin sumbernya pakai bootable Windows?

  2. Laptop saya windows 10, saya ingin merepair windows saya melalui opsi BIOS, pada saat masuk ke BIOS saya memilih first boot adalah usb, setelah itu layar laptop saya blank hitam, saya panik dan saya cabut baterai laptop saya dan saya hidupkan lagi, ternyata laptop saya layar hitam dan tidak ada tampilan menu BIOS lagi, Padahal lampu indikator power sudah nyala, Bagaaimana ini cara mengatasinya?

    • Waduh… ini BIOSnya korup ya mbak? Ini repair Windows seingat saya tidak ada opsinya lewat BIOS. Sudah coba lepas harddisknya dan hidupkan?

    • Mirip kayak kasus laptop Asus A450CA saya. BIOS nya corrupt setelah otak-atik boot guna keperluan install dual boot via USB Bootable, layar blank hitam, lampu indikator nyala, suara hardisk tidak terdengar, dan akhirnya bawa ke tempat servis, solusinya di Flash bios,..

Tulis komentar...