Solusi “Display driver stopped responding and has recovered”

Ada sedikit masalah yang muncul saat saya mencoba bermain game di laptop, yaitu seringnya muncul pesan error:
“Display driver NVIDIA Windows Kernel Mode Driver, Version 344.11 stopped responding and has successfully recovered”. Kalau ini terjadi pasti layar monitor saya menjadi hitam atau gelap sesaat dan kemudian kembali normal, tapi saat digunakan terasa ada jeda atau lag.

Dari pencarian solusi yang saya lakukan ternyata error ini tidak terbatas pada VGA dari Nvidia, AMD ATI, dan Intel GMA juga bisa mengalaminya. Pesan kesalahan yang muncul kurang lebih sama, cuma digantikan oleh merek graphic card anda.

Masalah ini muncul karena Windows menanti respon dari VGA tapi dalam prosesnya mendeteksi bahwa kartu grafis anda hang dan tidak menampilkan apa – apa dalam displaynya. Saat ini terjadi maka akan terlihat display monitor akan seperti baru dinyalakan (gambar bergoyang) karena Windows mereset grafisnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda coba, silahkan pilih dari yang paling mudah menurut anda.

Matikan Overclock

Kalau anda memaksimalkan performa komputer dengan melakukan overclocking pada CPU, GPU, atau RAM maka matikan semua dan kembalikan ke setting normal. Dengan tingginya frekuensi kerja dan voltase listrik bisa membuat komponen tersebut tidak stabil.

Cek suhu dan bersihkan casing komputer

Suhu komputer yang panas juga bisa mempengaruhi kestabilan kerja VGA, silahkan cek berapa temperatur VGA saat muncul pesan error ini menggunakan GPU Temp. Bila memang tidak wajar panasnya maka sekalian bongkar casing, lepaskan komponen yang terpasang dan bersihkan dari debu dengan lap kering atau kuas.
gpu-temp
Kalau anda tidak yakin membongkar sendiri maka lebih baik minta bantuan ahli daripada memperparah keadaan.

Cari update atau patch dari software atau game yang bermasalah

Kadang memang game yang sedang dimainkan atau program yang digunakan tidak kompatibel dengan VGA tertentu, mungkin ada bug yang membuatnya konflik dengan hardware yang terpasang. Silahkan cari tahu apakah ada versi terbaru dari program yang anda pakai dan lakukan update dengan patch atau install ulang seluruhnya.

Update driver VGA

Ya masalah ini paling sering disebabkan konflik antara driver VGA dengan Windows. Silahkan download dan install versi terbaru driver dari GPU Nvidia, AMD, atau Intel. Kecuali anda sudah menggunakan versi terbaru, maka silahkan downgrade ke versi sebelumnya.

Khusus untuk laptop harap download drivernya dari situr resmi pembuat notebook (ASUS, Lenovo, Acer, Toshiba dan sebagainya) bukan dari situs pembuat VGAnya.

Saya juga sangat menyarankan untuk menguninstall driver lama VGA secara total dengan memakai Display Driver Uninstaller.

display-driver-uninstaller

Lainnya

Kalau solusi diatas masih belum berhasil juga memperbaiki keadaan atau mengatasi masalah yang muncul maka silahkan coba install ulang Windows. Semoga saja berhasil, kalau tidak maka ini pertanda VGA anda mengalami kerusakan dan perlu diganti yang baru.

Tulis komentar...