Solusi error pada CMOS

Saat menghidupkan komputer bukannya masuk ke loading Windows malah tertahan di layar BIOS dan muncul pesan “CMOS checksum error -? Defaults loaded”. Apa arti dari pesan error ini? Bagaimana cara mengatasinya?
Beberapa jenis pesan kesalahan yang berbeda tapi memiliki arti sama:

  • BIOS ROM checksum error
  • System CMOS checksum bad – default configuration used
    Press <F1> to resume, <F2> to Setup
  • CMOS Checksum Bad
    Press F2 to Run SETUP
    Press F1 to load default values and continue
  • CMOS Checksum Error – Defaults loaded
  • The CMOS checksum is invalid. The CMOS will be reset to the default configuration and will be rebooted.
    Please check your BIOS Setup options to see if they changed. CMOS Reset (502) ENTER – Reboot the system
  • CMOS Settings Wrong

Jadi maksudnya adalah integritas data dari CMOS (Complementary metal?oxide?semiconductor) saat dicek sudahlah tidak sama lagi dengan nilai checksumnya, dan ini membuat BIOS akan menggunakan setting defaultnya.

ami-bios-cmos-settings-wrong

Solusi dari masalah ini adalah mudah tapi membutuhkan anda membongkar casing PC anda, kalau anda tidak yakin maka saya sangat menyarankan membawa komputer anda ke service komputer untuk dibantu.

Apa yang perlu dilakukan? Silahkan cari pada motherboard anda sebuah lempengan koin yang terpasang, ini adalah baterai dari BIOS. Lepaskan dan tunggu sesaat baru kemudian pasang kembali. Error ini memang bisa disebabkan bergesernya kontak baterai sehingga tidak mendapatkan daya atau mengenali CMOS. Nyalakan kembali komputer anda dan semoga tidak muncul kembali pesan kesalahan tersebut.

Kalau masih belum berhasil juga berarti energi yang tersimpan dalam baterai telah habis atau aus, solusinya ya silahkan beli baterai baru dan gantikan yang lama. Prosesnya sama persis dengan yang saya jelaskan sebelumnya. Tipe baterai CMOS paling umum adalah 3-V CR2032 lithium coin cell, dan harganya sekitar lima ribu rupiah. Jadi jangan khawatir bila harganya akan mengeringkan dompet anda.

2 pemikiran pada “Solusi error pada CMOS”

    • Selamat pagi Rudi, sementara ini cuma terpikir BIOS anda korup. Sudah coba flash BIOS motherboard anda? Silahkan cari di Google dengan menggunakan merek dan modelnya.

      Semoga bukan ROM BIOS anda yang rusak karena kalau ini yang terjadi ya… pasrah mas.

Tulis komentar...