Solusi error XINPUT.dll

Setelah menunggu proses instalasi game selesai, sewaktu dijalankan malah muncul pesan kesalahan “The program can’t start because XINPUT1_3.dll is missing from your computer.”. 🙁 Waduh kok ada masalah yang tidak terduga seperti ini, padahal di waktu libur ini inginnya bersantai memainkan game.

Ada beberapa variasi pesan error yang berhubungan dengan XINPUT.dll dan versi juga nama filenya sendiri bisa berbeda (XINPUT1_2.dll, XINPUT1_3.dll, XINPUT1_4.dll, XINPUT1_5.dll):

  • The program can’t start because XINPUT1_3.dll is missing from your computer. Try reinstalling this program to fix this problem.
  • The application has failed to start because XINPUT1_3.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem.
  • C:\Windows\system32\XINPUT1_3.dll is either designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support.

XINPUT.dll adalah file yang berasal dari DirectX dan berhubungan dengan sistem kendali dalam suatu game, error – error diatas menyatakan bahwa file tersebut rusak atau hilang dan perlu diperbaiki. Ada beberapa solusi untuk mengatasinya, silahkan anda pilih dari yang termudah menurut anda.

Menginstall ulang game

Ini adalah cara yang paling mudah, hapus instalasi game yang bermasalah tadi dan lakukan proses instalasi dari awal kembali. Metode ini merupakan yang sering disarankan oleh Microsoft, dan memang kadang bisa berjalan normal setelahnya.

Memperbaiki system file Windows

Karena DirectX sendiri termasuk file – file yang vital di Windows maka anda bisa menggunakan tool System File Checker untuk memperbaiki file yang korup atau rusak menjadi ke kondisi semula.

Panggil command prompt dan ketikkan perintah sfc /scannow disusul ENTER. Tunggu proses deteksi dan perbaikannya sampai selesai. Cara inilah yang paling sering berhasil memperbaiki error ini dalam pengalaman saya.

windows-7-sfc-scannow

Install ulang DirectX

Ya, ini merupakan cara terakhir yang pernah saya gunakan untuk menghilangkan error XINPUT.dll di Windows. Download installer dari DirectX dari website Microsoft kemudian lakukan instalasi untuk memperbarui file – file DirectX di komputer.

Semoga sukses. 😀

14 pemikiran pada “Solusi error XINPUT.dll”

  1. gan, waktu saya akn scan malah ada peringatan seperti ini “you must be an administrator running a console session in order to use the sfc utility”
    mohon bantuannya gan.. .

    Balas

Tulis komentar...