Solusi “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of GPT partition style.”

Jadi pada laptop HP 1000 1432TU milik keponakan saya driver paling barunya adalah untuk Windows 8.1. Dari sini maka jelas yang akan diinstall adalah Windows 8.1 64-bit. Sebenarnya lancar – lancar saja sewaktu booting ke setupnya dan baru pada pemilihan partisi untuk instalasinya muncul masalah.

Jadi muncul pesan error “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of GPT partition style.” yang menandakan kalau partisi harddisknya salah atau tidak seperti yang diharapkan.
windows-cannot-be-installed-to-this-disk

Dan instalasi Windows 8.1 jadi terhenti prosesnya. Yang dibutuhkan adalah jenis MBR bukan GPT, jadi kita perlu melakukan konversi dahulu. Anda tidak bisa memformat harddisk dari layar ini.

Caranya? Mudah kok, silahkan keluar dari proses instalasi ini atau restart ke jendela awal proses setup Windowsnya. Kemudian tekan SHIFT+F10 untuk memanggil command prompt, ketikkan perintah – perintah berikut:

  1. diskpart
  2. list disk – Ini akan menampilkan daftar perangkat harddisk/SSD yang terpasang. Perhatikan urutan angkanya.
    diskpart-clean-gpt
  3. select disk 0 – Karena cuma ada satu HDD maka saya yakin saja menggunakan urutan pertama (0). Bila di komputer/laptop anda lebih banyak maka pastikan tidak salah pilih. Bandingkan dengan hasil list disk diatas.
  4. clean – Perintah ini akan membersihkan seluruh partisi yang ada.
  5. exit

Setelah itu silahkan lanjutkan proses instalasi yang tadi terhenti karena kesalahan jenis partisi. Semestinya anda sudah bisa memformat harddisknya dan kemudian menentukan di partisi mana install Windowsnya.

Semoga berhasil memperbaikinya. 🙂

Satu pemikiran pada “Solusi “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of GPT partition style.””

Tulis komentar...