Stop penggunaan Hola VPN

Barang gratis selalu ada tapinya. Seperti kita ketahui di Indonesia banyak situs yang diblokir dengan Internet Positif, Sehat, Nawala dan baru – baru saja semuanya menjadi DNS Nasional. Nah… cara melewati blokir konten ini biasanya ada yang melalui proxy atau VPN (Virtual Private Server), dan salah satunya yang populer adalah Hola.

Beberapa nama produknya: Hola Free VPN, Hola Unblocker, dan Hola Better Internet. Layanan VPN gratis ini sangat populer di Indonesia karena sudah ada addon atau ekstensi yang bisa diintegrasikan dengan browser populer (Mozilla Firefox dan Google Chrome misalnya) jadi cukup satu klik untuk mengaktifkannya. Sangat mudah dan cepat, tidak perlu ribet.
hola-free-vpn
Nah… kita tahu bahwa Hola mencari uang dengan menjual akun premium kan? Yang jadi kasus ternyata masih ada channel lain mereka mendapatkan uang. Penasaran bagaimana caranya? Ternyata dengan menjual bandwidth pengguna VPN gratisnya melalui layanan lain milik mereka yaitu Luminati.io, dan harganya sebesar 20$ per GB cukuplah mahal.

Sampai disini mungkin anda bingung “Terus apa masalahnya? Kan masuk akal saya menggunakan barang gratisan dan mereka memanfaatkan bandwidth saya?”. Akan saya jelaskan bahayanya sistem ini yaitu tidak ada batasan terhadap akses konten online melalui Luminati. Misal ada yang melakukan tindak kejahatan di dunia maya menurut anda siapa yang akan pertama kali diinvestigasi? Ya jelas anda karena alamat IPnya lah yang dikenali walaupun bukan penggunanya sendiri yang melakukan tindakan melanggar hukum di ranah online.

Belum lagi karena program Hola VPN ini akan berjalan sebagai system sehingga bisa menginfeksi komputer atau handphone anda dengan virus dan malware apabila orang lain yang menumpang koneksi anda berniat buruk. Mengerikan bukan?

Saya harap anda sudah menyadari apa resikonya dan mempertimbangkan penggunaan Hola lebih lanjut. Mudah kok mencari layanan VPN alternatif lainnya, baik gratis maupun berbayar tapi setidaknya lebih aman.

Baca lebih lanjut:

 

2 pemikiran pada “Stop penggunaan Hola VPN”

Tulis komentar...