Straw Poll: Membuat polling cepat, mudah, dan informatif

Membuat survey, voting atau polling bisa menggunakan Google Form atau SurveyMonkey, tapi kalau anda membutuhkan sebuah polling sederhana dan mudah pembuatannya maka pertimbangkanlah Straw Poll. Layanan ini tidak sengaja saya temukan karena dimintai tolong teman saya yang mengaku gaptek dan tidak ingin dibuat pusing dalam membuat voting untuk produknya.

Straw Poll tidak memerlukan pendaftaran atau tetek bengek macam – macam, langsung saja isi pertanyaannya apa dan apa saja jawaban yang boleh dipilih.

straw-poll

Beri centang pada “Allow multiple choices?” bila pengunjung diperbolehkan memberikan suara lebih dari 1 pilihan, dan beri centang pada “Permissive vote duplication checking?” supaya orang bisa memvoting berulang kali – ini cocok bila anda tahu bahwa asal pengisi polling berasal dari satu tempat seperti sekolah atau kantor.

Bila sudah selesai membuat polling maka klik Create Poll, akan muncul jendela popup bahwa anda telah berhasil membuat polling dan bisa diakses melalui url yang disediakan.
straw-poll-your-poll-has-been-created

Bagikan link polling anda melalui blog, forum, facebook, twitter, email atau medium apapun. Bagi anda yang memiliki blog ada fitur Embed untuk dipasangkan di posting anda.
straw-poll-polling

Kalau anda ingin melihat statistik pengisian polling maka klik saja Results dan akan tampil daftar suara yang diurutkan dari yang terbanyak sampai terkecil. Juga dilengkapi grafik lingkaran di sebelah kanan kalau anda lebih suka gambar yang mewakili data yang ada.
straw-poll-results
Kesimpulannya? Straw Poll adalah layanan pembuatan poll online yang mudah, ringkas, cepat disertai statistik yang informatif. Bisa anda jadikan pilihan saat membutuhkan fungsi semacam ini di internet untuk mengumpulkan data.

Catatan saja, kalau anda tidak ingin hasil voting atau polling diketahui publik maka jangan gunakan Straw Poll. Google Form lebih cocok untuk hal ini.

8 pemikiran pada “Straw Poll: Membuat polling cepat, mudah, dan informatif”

Tulis komentar...