Suara komputer terlalu kecil di Windows

Hal ini dikeluhkan oleh teman saya, walau tingkat suara sudah maksimal entah kenapa yang keluar tidak pernah lewat dari 50%, dan walaupun dari indikatornya sudah lebih dari itu tapi dari pendengaran kita tetap saja tidak berbeda. Ada kecurigaan speaker dan headphone mengalami kerusakan, tapi sewaktu diuji coba di komputer lain ternyata normal saja. Kecurigaan saya beralih ke Windows 7 ini, mungkin ada setting yang salah.

Melihat pada Volume Mixer di Windows sudah tampak kalau level soundnya sudah maksimal, tapi dilihat dari bar berwarna hijau yang menunjukan kerasnya suara yang muncul tetap saja berada di tengah – tengah dan tidak bisa naik lagi. Karena itulah saya menyimpulkan ada konfigurasi yang menahan atau membatasi tingkat volume suara yang dikeluarkan, sehingga tidak bisa lebih besar lagi walau sudah dipilih yang tertinggi.
windows-7-volume-mixer

Cara 1: Menggunakan Speaker Properties

Usut punya usut anda bisa memperbaikinya dengan cara berikut, akses icon Speaker di system tray (kanan bawah taskbar), kemudian klik icon Speaker aktif di komputer anda (paling atas dari Volume Control).
windows-7-system-tray-speaker

Jendela Speaker Properties akan terbuka, pindahkan tab ke Enhancements, cari Loudness Equalization dan hilangkan centang untuk mematikannya kemudian klik OK.
windows-7-speaker-properties-enhancements
Sekarang silahkan coba mainkan lagu atau film apakah sudah berhasil diatasi.

Cara 2: Memakai Control Panel Sound

Masih belum berhasil juga? Maka kali ini akses Control Panel dan cari Sound.
windows-7-control-panel-sound

Kemudian pindahkan tab ke Communications, ubah opsinya ke Do nothing. Klik Apply dan OK untuk menyimpan konfigurasi barunya.
windows-7-sound-communications

Semestinya salah satu dari kedua solusi diatas sudah bisa mengatasi masalah suara komputer yang tidak bisa dibesarkan volumenya. Semoga membantu. 🙂

3 pemikiran pada “Suara komputer terlalu kecil di Windows”

Tulis komentar...