Syarat membuka rekening tabungan baru BCA

Diantara semua pertanyaan yang masuk ada yang ingin tahu apa saja syarat untuk membuka rekening tabungan baru di BCA. Katanya sih digunakan untuk mempermudah transaksi di online shopnya, dan sebelumnya cuma punya BRI. Ya, memang rata – rata orang memiliki rekening BCA walaupun cuma buat transfer jadi jelas mempermudah pelanggan membayar kalau banknya sama, kalau kirim uang antar bank selain kena biaya tambahan juga kadang telat masuknya. Repot kan?

Nah… di Bank Central Asia sendiri memberikan beberapa produk tabungan: Tahapan (Tabungan Hari Depan), Tahapan Xpresi, Tapres (Tabungan Prestasi), Tabungan Dollar (bisa USD atau SGD), Tabunganku, dan Tahapan GOLD untuk keperluan bisnis jadi bukan nama perorangan nantinya.
buku-tabungan-keybca

Kemana sebaiknya kita membuka rekening tabungan BCA? Saya sangat menganjurkan yang terdekat dengan tempat tinggal anda, ini untuk mempermudah pengurusan hal – hal tertentu kalau ada masalah. Dan memang biasanya kalau kita di cabang lain atau jauh akan diarahkan kembali ke yang dekat.

Apa saja yang perlu dibawa saat membuat rekening?

  1. Yang pasti KTP dengan domisili kota yang sama juga NPWP. Misal anda mahasiswa yang merantau dan terpaksa membuka rekening di kota tempat kuliah maka perlu bukti masih aktif menempuh pendidikan.
  2. Setoran pertama minimal Rp. 500.000.
  3. Mengisi formulir sesuai data diri, ini nanti dibantu oleh customer servicenya. Jadi kita cukup menyebut saja dan tanda tangan.
  4. Bawa uang lebih, nanti buat pembayaran materai dan sebagainya.

Nanti juga akan ditanyakan mengenai jenis kartu ATMnya atau biasa disebut Paspor BCA. Ini menentukan batasan uang yang bisa ditarik dan biaya administrasi per bulan:

  • BCA Silver: Administrasi Rp. 15.000. Batas penarikan tunai Rp. 7.000.000. Transfer sesama BCA Rp. 15.000.000.
  • BCA Gold: Administrasi Rp. 17.000. Batas penarikan tunai Rp. 10.000.000. Transfer sesama BCA Rp. 25.000.000.
  • BCA Platinum: Administrasi Rp. Rp. 20.000. Batas penarikan tunai Rp. 10.000.000. Transfer sesama BCA Rp. 75.000.000.

Nanti, nilai setoran minimal adalah Rp 50.000, dan minimal saldo tersisa adalah Rp.10.000 kalau nanti dibawah itu akan ditutup otomatis. Sedangkan untuk tarikan tunai di ATM harus menyisakan minimal Rp. 50.000 saldonya setelah dikurangi nominal uang yang diambil kalau tidak pasti gagal.

Oh ya, saya anjurkan agar anda sekalian mengaktifkan Internet Banking BCA mumpung disini, Mobile Banking juga boleh. Daripada nanti bolak balik repot meluangkan waktu saat butuh maka lebih baik sekarang saja.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Syarat membuka rekening tabungan baru BCA”

  1. Mohon dikoreksi karena setahu saya sejak Februari 2016 ini terjadi kenaikan biaya administrasi BCA. Saya pemegang Paspor BCA Gold. Sekarang terkena potongan Rp. 17.000,00
    Trims

    • Halo Erfadila, terimakasih informasinya mas. Saya baru cek di mutasi rekening KlikBCA dan memang kena administrasi 17.000 sekarang. Akan segera saya koreksi.

Tulis komentar...