Tagihan MyRepublic minus?

Yang saya ceritakan kali ini dari pengalaman pribadi. Kalau dihitung per 2021 ini sudah masuk 7 tahun saya berlangganan internet dari MyRepublic, sejak namanya masih Innovate. Tentu saja ada momen ga enaknya, tapi secara keseluruhan masih normal dan jelas lebih masuk akal dibandingkan IndiHome baik secara harga dan kualitas.

Jadi masalahnya diawali karena ada tawaran bayar 9 bulan gratis 3 bulan, setahun cuma perlu keluar biaya 9 kali saja tapi langsung ditotal. Sebelumnya saya juga memanfaatkan promosi serupa, bedanya dulu ditawari marketing myrep sekarang bisa mengajukan sendiri. Saya tahunya dari penawaran di email invoice billing.

Tagihan saya per bulan jatuh di tanggal 1, dan jatuh tempo tanggal 10. Sudah terbiasa otomatis dilunasi di awal-awal karena promo lama (buy 8 get 4), dan promosi Super93 diatas baru saya proses sekitar tanggal 8 Oktober, kena Rp. 2.880.000 dan pakai cicilan kartu kredit BCA 3 bulan. Sampai disini sih aman dan senang, hemat sejutaan kan kalau dihitung.

Ternyata tanggal 22 Oktober saya ditagihkan lagi dan maju tanggalnya, mestinya tiap awal bulan malah muncul email billing lagi. Walau saya tetap ga bayar karena promosinya aktif, tapi rasanya rugi karena lebih awal 10 harian dari seharusnya. Seperti dari tanggal 1 Maret bulan depan, jadi tanggal 22 bulan Februari.

Jelas bingung saya dan waktu itu (bulan Oktober 2020) saya tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari customer service MyRepublic. Media sosialnya nonaktif, Telegram musuhnya bot, call center gilanya ada upsell di setiap menu obrolan 5 menit jadi 10 menit karena banyak menunggu iklan dari bot.

Khusus call center, kesimpulannya saya cuma bisa terima nasib karena ini sudah dari sistem billing. Yang saya pahami soal syarat dan ketentuan promonya, seharusnya berlaku untuk tagihan berikutnya. Ini saya tekankan ke csnya, sayangnya mungkin karena saya frustasi atau csnya salah makan jadi agak panas komunikasinya. Dan jelas tidak ada solusi.

Tapi akhirnya perkara ini jelas dengan sendirinya, entah memang otomatis dari sistem atau efek dari saya komplain sebelumnya. Per invoice billing November 2020 saya mendapatkan total tagihannya minus, sebesar Rp -92.750. Dengan detail return of prepaid subscription.

Jadi 10 hari tagihan yang maju tersebut dikembalikan ke saya, dan saya menangkap fungsinya seperti saldo. Dan jelas selama promosi saya berlaku tidak berguna untuk sementara waktu, nanti saat pembayaran normal baru mengurangi nominal tagihannya.

Kembali lagi, khawatir saya kalau billing saya maju setelahnya. Ternyata setelah 3 bulan memantau sudah normal tetap di tanggal 1. Kalau bisa saya simpulkan, tampaknya ada error di billingnya yang berhubungan dengan tagihan yang sudah dilunasi karena promosi lama dan kemudian beli paket baru.

Tulis komentar...