Tes kualitas koneksi internet dengan PingTest

Kelancaran penggunaan internet tidak hanya dipengaruhi berapa besar bandwidth yang diberikan oleh ISP anda, tapi juga kualitas koneksi yang sesungguhnya anda dapatkan. Bahkan bisa dikatakan kestabilan internet lebih baik daripada kecepatan yang tinggi, mana nyaman kita nge-game tiba – tiba putus kan?

Darimana kita tahu kualitas internet yang kita gunakan? Sederhana saja gunakan tool ping, selain sudah terintegrasi di Windows Command Prompt cara menggunakannya pun mudah.

Bagaimana kalau anda ingin mengetahui lebih detail mengenai koneksi internet anda? Silahkan coba layanan PingTest untuk melakukan analisa kualitas internet anda. Klik saja Begin Test untuk memulai pengujian koneksi internet.

pingtest-begin-test

Proses ping dari komputer anda ke server tujuan (otomatis dicari yang terbaik atau anda memilih sendiri lokasinya) dan analisanya akan dilakukan. Anda bisa memantau progress-nya di tampilan PingTest.

pingtest-testing

Hasil penilaian kualitas koneksi internet anda akan muncul, dimulai dari nilai Ping (Berapa lama paket dikirimkan ke server dan kembali ke komputer anda), berapa Jitternya (Berapa perbedaan waktu antara ping yang berurutan), dan kualitas koneksi anda akan diberikan grade.

pingtest-result

Anda bisa memamerkan seberapa saktinya (atau mengenaskan seperti saya) koneksi internet anda dengan link langsung ke hasil pengujian kualitas koneksi internet anda, contohnya seperti berikut.

PingTest dapat digunakan sebagai tolak ukur seberapa baik koneksi internet anda, tapi kalau anda ingin mengukur seberapa besar atau cepatnya koneksi internet maka anda lebih baik menggunakan SpeedTest. Kedua layanan uji kualitas dan kecepatan internet ini dibuat oleh perusahaan yang sama yaitu Ookla.

Tulis komentar...