Tips menggunakan WhatsApp

Sudah beberapa kali ada yang menanyakan ke saya lewat email, komentar atau pesan di Facebook soal WhatsApp. Walaupun tampaknya hal yang sepele yang ditanyakan tapi saat saya cek sendiri tidak sejelas itu juga. Akhirnya saya catat dan kumpulkan menjadi satu, yah.. mirip FAQ (Frequently Asked Questions) lah.

Bagaimana cara menampilkan kontak WhatsApp?

Pas mendengarkan pertanyaan ini agak heran, karena di tampilan aplikasi WhatsApp sendiri pada tab paling kanan adalah Contacts/Kontak yang isinya adalah daftar kontak anda.

android-whatsapp-menu-kontak

Ternyata yang dimaksudkan adalah kok kontak WhatsApp teman yang sudah dimasukkan tidak muncul. Nah ini memang tidak berlangsung instan, kalau dibiarkan mungkin dalam 10 menitan baru muncul. Tapi kita bisa dengan paksa menampilkan seluruh kontak terbaru kita kok, pada tab kontak tadi tap pada icon menu (tiga titik disusun vertikal), nanti akan ada opsi Refresh/Perbarui. Tap saja.

Bagaimana cara mengganti nama kontak WhatsApp?

Ini sebenarnya kasus paling sering ditanyakan, jadi apa nama kontak di WhatsApp itu mengikuti apa yang kita isikan sebelumnya. Tapi kadang kita lupa bahwa WhatsApp itu berdasarkan nomor handphone dan mendapatkan data – data kenalan lewat kontak ponselnya. Jadi kalau mau mengganti namanya ya lewat daftar kontak handphone, kemudian refresh dan akan mengikutinya. Ya, mengubah nama memang semudah itu.

WhatsApp tidak ada kontak

Nah ini juga pertanyaan yang sempat membuat saya bingung, daftar kontak di WA kosong melompong. Saat saya lebih lanjut ya ternyata terbiasa di BBM (BlackBerry Messenger) sistemnya, sedangkan di WhatsApp sendiri otomatis menambahkan kontak kalau ada informasinya di handphone. Solusinya ya lengkapi dulu kontak hp anda, nanti akan muncul – muncul sendiri kok.

Kontak teman tidak muncul

Ini antara teman anda tidak menggunakan WhatsApp atau nomor yang diberikan ke anda tidak ada akun WAnya.

Bagaimana cara mengubah font WhatsApp?

WhatsApp sendiri tidak menyediakan setting untuk memilih jenis font kecuali ukurannya saja. Aplikasi ini akan menggunakan font default di handphone anda. Setahu saya cuma bisa dengan root untuk mengutak – atik font. Atau anda bisa memanfaatkan aplikasi Cool Font, dimana kita mengetik di appnya dan copy-paste ke WhatsApp. Cukup merepotkan.

Bagaimana cara membuat status di WhatsApp?

Mudah kok, dari jendela utama langsung saja tap pada icon menu (tiga titik disusun vertikal). Anda akan menemukan opsinya disana.

android-whatsapp-status

Bagaimana mengganti foto profil WhatsApp?

Masih dari menu yang sama, tap pada Settings/Setelan dan akan ada opsi Profil. Tap saja pada simbol pensil dan upload gambar yang ingin dijadikan fotonya.

Sementara masih segini dulu, karena memang belum banyak pertanyaan lain yang masuk. Tapi akan saya selalu update kalau ada yang baru dan koreksi misal ada kesalahan. Memang kalau dibaca solusinya sepele, tapi pas bingung biasanya tidak ketemu juga. Hehe. 😀

Oh ya semua ini berdasarkan WhatsApp untuk Android.

Tulis komentar...