WebPconv: Konversi gambar menjadi WebP

WebP merupakan salah satu format gambar dari Google yang memiliki keunggulan ukuran yang lebih kecil dan dengan kualitas gambar yang tidak berbeda jauh dari sumbernya. Sekarang browser – browser modern sudah mendukung menampilkan gambar dalam format WebP, dan tidak ada salahnya kalau kita manfaatkan WebP untuk gambar atau foto kita.

Salah satu software yang bisa anda gunakan untuk mengkonversi format JPG, PNG, GIF dan semacamnya menjadi WebP adalah WebPconv, selain gratis ukurannya juga kecil. Cara menggunakannya cukuplah mudah, anda tinggal melakukan drag and drop gambar – gambar dari format yang didukung dan kemudian klik Compress. Anda bisa melihat seberapa besar penghematan besar file gambar yang diubah menuju WebP, sungguh tidak mengecewakan.

webpconv

Anda bisa mencoba mengatur seberapa besar kompresi WebP yang digunakan pada settingnya. Apakah algoritma kompresi bertipe Lossless atau Lossy, penggunaan filter gambar otomatis, pembuatan folder webp pada lokasi gambar untuk penyimpanan hasil konversi dan folder png untuk menyimpan hasil dekompresi dari webp.

webpconv-settings

Gambar atau foto hasil kompresi dengan WebPconv menurut saya tidak ada penurunan kualitas tapi memiliki ukuran yang lebih kecil, ini membuat kebutuhan disk space menjadi lebih kecil. Kalau gambar atau foto dengan format webp dipasangkan di website jelas akan membuat loadingnya menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Kesimpulannya program ini layak menjadi pilihan kalau anda membutuhkan aplikasi untuk membuat WebP.

Tulis komentar...