What Font is?: Mengetahui nama font yang digunakan pada gambar

Font adalah elemen penting dalam tulisan atau desain logo, supaya memiliki identitas yang unik orang banyak yang menggunakan font eksotis. Kadang kita lupa apa nama font yang telah kita pakai, atau ingin meniru font yang dipakai dalam gambar orang lain. Menanyakan ke si pembuat gambar belum tentu dijawab, sedangkan mencari secara manual bukan jawabannya.

Solusinya adalah dengan menggunakan layanan pengenalan font, salah satunya adalah dari What Font is?. Pada halaman utamanya anda bisa langsung mengisikan file gambar untuk diupload, atau menggunakan url dari gambar yang berisi tulisan. Pilihlah ” The background color is lighter than the characters color (ctrl+alt+b shortcut)” bila warna background gambar lebih cerah dibanding tulisan, atau sebaliknya ” The background color is dark, please invert colors (ctrl+alt+b shortcut)” bila warna backgroudnya lebih gelap. Kalau sudah selesai, selanjutnya klik saja Continue.
what-font-is-images

Pada halaman berikutnya anda akan diminta mengisikan karakter yang berhasil dikenali oleh proses analisa gambarnya. Isikan seakurat mungkin, huruf kapital dan biasa juga dibedakan. Kalau sudah klik Continue lagi.
what-font-is-characters-recognizer

Akan muncul daftar font – font yang mirip atau sama dengan font yang anda masukkan tadi, yang paling atas belum tentu adalah yang tepat.

what-font-is-matching-fonts

Saya sendiri berusaha mendeteksi apa nama font pada logo dan baru menemukan yang akurat pada urutan ke-15 dari daftar. Kalau font tersebut adalah komersil anda bisa langsung membelinya disini, dan kalau memang gratis maka anda bisa mendownloadnya.

Singkatnya anda bisa melihat betapa mudah dan cepatnya proses deteksi font dari What Font is?, juga hasilnya bisa dibilang cukup akurat.

Satu pemikiran pada “What Font is?: Mengetahui nama font yang digunakan pada gambar”

Tulis komentar...