YouTube sekarang menggunakan HTML5 Video secara default

Tim insinyur YouTube baru saja mengumumkan bahwa seluruh videonya akan menggunakan HTML5 Video secara default. Ini merupakan kabar gembira karena kita tidak akan mengalami masalah pada pemutaran video YouTube karena masalah Adobe Flash Player lagi. Dari pengumumannya juga browser yang didukung adalah Google Chrome, Opera, Internet Explorer 11, Mozilla Firefox Beta dan Safari 8.

Anda bisa mengecek apakah browser yang anda gunakan sudah mendukungnya di halaman YouTube HTML5 Video Player, dan cek apakah sudah aktif seara default. Bila belum silahkan klik Request the HTML5 Player.
youtube-html5-video-player

Bila anda melihat kenapa Mozilla Firefox versi stabil (saat ini 31) tidak disebutkan maka jangan bingung. Ini disebabkan Media Source Extensions baru saja didukung dan belum diaktifkan secara default, tapi anda bisa menghidupkan MSE secara manual.

Keunggulan HTML5 Video dibandingkan Flash adalah ukuran video lebih kecil dengan resolusi sama, jadi anda bisa menonton video dengan definisi tinggi tapi kecepatan internetnya bisa lebih rendah. Sehingga kuota internet anda akan lebih hemat. Kelebihan lainnya adalah beberapa resolusi HD seperti 720p, 1080p, 2K, dan bahkan 4K kadang cuma bisa diakses melalui mode HTML5.

Jelas lebih baik bukan? 🙂

Tulis komentar...