Mematikan SmartScreen Filter di Internet Explorer

Bagikan:

SmartScreen Filter adalah fitur yang telah ada sejak Internet Explorer 8 dan setelahnya. Filter ini berfungsi untuk memberi peringatan pengguna terhadap situs – situs yang berbahaya saat akan mengaksesnya. Website – website yang tidak aman seperti website phishing  atau website yang menyebarkan malware (virus, trojan, rootkit, worm).

Cara kerja SmartScreen Filter ini adalah dengan mengirimkan alamat website yang akan anda kunjungi ke server Microsoft. Kalau anda merasa alamat website anda merupakan hal yang rahasia atau takut akan bocornya privasi anda maka sebaiknya dimatikan saja.

Fitur SmartScreen Filter bisa dimatikan melalui Internet Options di Internet Explorer. Buka Internet Options dengan klik Tools > Internet Options
Internet Explorer Tools Internet Options
Kemudian menuju tab Security. Pilih Internet Zone dan klik Custom level

Internet Options Security

Ini akan membuka jendela baru berisi konfigurasi tingkat lanjut. Geser ke bawah sampai menemui setting SmartScreen Filter yang diaktifkan defaultnya.

Internet Options Security Custom level SmartScreen Filter

Pilih Disable dan klik OK untuk mematikan SmartScreen Filter. Anda perlu mengkonfirmasi perubahan ini dengan klik OK.

Internet Options Security confirmation dialog

Setelah konfirmasi maka SmartScreen Filter di Internet Explorer tidak akan berfungsi dan tidak ada informasi mengenai website yang dikunjungi dikirim ke Microsoft.

Anda juga bisa mematikan SmartScreen Filter dengan klik pada link Safety di toolbar Internet Explorer dan memilih SmartScreen Filter > Turn Off SmartScreen Filter. Menu ini juga bisa digunakan untuk menguji website secara manual dan melaporkan website yang beresiko membahayakan.

Internet Explorer Safety SmartScreen Filter

Kalau anda sudah menggunakan Antivirus yang mendukung scanning website (biasanya bertipe Internet Security) maka anda tidak perlu mengaktifkan fitur SmartScreen Filter ini, karena fungsi keduanya sama. Pilih salah satu saja yang paling anda percayai.

Tulis komentar...

Read more:
whatthefont-character-selection
Cara mengenali font tulisan dalam gambar dengan WhatTheFont!

viglink-dashboard
VigLink: Afiliasi pada website secara otomatis

Close