Berapa GB sebulan yang bisa didapat dari koneksi internet 10Mbps?

Sedikit terinspirasi dari kontroversi FUP (Fair Usage Policy) dari IndiHome yang diberlakukan tahun lalu. Ada yang bilang kita jangan mau dibodohi beli paket 10Mbps tapi tidak bisa dimaksimalkan kena FUPnya. Sudah bayar kok dibatasi kurang lebih argumennya.

Disini saya kutip dulu penjelasan Telkom untuk FUP dari paket yang 10Mbps: https://indihome.co.id/fup-10

Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.

Selengkapnya untuk FUP kecepatan lainnya bisa dicek sendiri pada FAQ IndiHome poin 34: https://indihome.co.id/faq-indihome

Jadi kalau konsumsi bandwidth totalnya sudah berjalan 300 GB maka akan kena FUP dilimit 25%, jadi kita akan mendapatkan 7.5Mbps kalau saya tidak salah memahaminya. Kalau masih terus 400 GB penggunaannya maka akan jadi 4 Mbps. Lagi, silahkan koreksi kalau pemahaman saya salah.

Gambar cuma pemanis saja, hasil speedtest dari ISP lain. 😀

Nah… Telkom pernah bilang kalau FUP itu mayoritas pengguna tidak akan merasakannya. Benarkan begitu? Kenapa kok bisa bilang begitu? Tentu pembuktian terbaik adalah dengan menghitungnya.

Saya jelaskan dulu, satuan yang dipakai IndiHome (dan ISP lain) adalah Mb alias Megabit. Sedangkan kecepatan yang anda lihat di browser atau Internet Download Manager itu MB atau Megabyte, jadi ini berbeda. Untuk konversinya 1 MB itu 8 Mb, jadi 10 Mbps teorinya akan mendapatkan 1.25 MB/s. Kadang ada salah paham disini.

Sekarang kita pakai kecepatan 10 Mbps dan kalau pemakaian kita maksimal tidak pernah mati dan tancap gas terus habis berapa sebulan (30 hari)?
Jadi gampang saja, kita kalikan 10 Mbps dengan detik per hari (86400) dikalikan 30 dan dibagi 8 untuk ke MB kemudian dikalikan 1000 untuk konversi ke GB (Gigabyte):

  1. x = (10 * 86400 * 30) / 8 * 1000
  2. x = 25920000 / 8 * 1000
  3. x = 3240000 MB * 1000
  4. x = 3240 GB

Jadi secara teori bisa 3.2 TB kuota yang dimiliki, dan FUPnya kurang lebih 10%nya. Pantas saja banyak yang kecewa karena memang jauh dari kapasitas maksimalnya sudah dikebiri.

Tapi kalau pola penggunaan anda cenderung streaming atau download mungkin lebih baik beralih ke ISP unlimited lain yang juga menggunakan fiber optic seperti MyRepublic, First Media dan MNC Play.

Oh ya, anda bisa cek kuota IndiHome anda lewat sini: https://indihome.co.id/usage-info

14 pemikiran pada “Berapa GB sebulan yang bisa didapat dari koneksi internet 10Mbps?”

  1. Membahas tentang pemahaman yang ini:

    “Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.”

    Pemahaman pertama.
    Dulu saya sempat berpikir seperti agan yaitu:
    1. Kecepatan turun hanya 25% saja artinya tinggal 75% dari 10mbps = 10mbps x 75% = 7.5 mbps
    2. Kecepatan turun menjadi 40% saja artinya 40% dari 10mbps = 10mbps x 10% = 4 mbps unlimited.

    Pemahaman kedua.
    Lalu muncul lagi pemahaman kedua yaitu begini:
    1. Kecepatan turun hanya 25% saja berarti 25% dari 10mbps = 10mbps x 25% = 2.5 mbps
    2. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited berarti berarti 40% dari 2.5mbps ya? = 40% dari 2.5mbps = bukankah cuman 1 mbps unlimited? (bit ya bukan byte)

    Dan yang menjadi pertanyaan adalah:
    1. Berapa kecepatan unlimited dalam prakteknya? Apa benar 4 mbps atau cuman 1 mbps?
    2. Bagaimana kecepatan unlimitednya menurut informasi secara detail dari petugas telkomnya? Apa benar 4mbps atau cuman 1 mbps?

    Sedangkan yang menjadi teka-teki adalah sebagai berikut:
    1. kecepatan turun hanya 25% saja berarti = 25% x 10mbps = 2.5mbps kah?
    2. kecepatan hanya turun 25% saja berarti = 100% – 25% x 10mbps = 75% x 10mbps = 7.5mbps kah?
    3. kecepatan turun 25% saja berarti = 100% – 25% x 10mbps = 75% x 10mbps = 7.5mbps kah?
    4. kecepatan turun tinggal 25% saja berarti = 25% x 10mbps = 2.5mbps kah?

    Pertanyaan terakhir adalah:
    Perlukah ahli bahasa dan matematika hanya untuk memahami atau menerjemahkan paket internet indihome? Ataukah ini memang trik marketing untuk mengecoh para pelanggan? Ataukah memang pemahaman saya yang masih kurang tepat?

    • Setidaknya dari teman saya yang doyan download, yang upto 4 Mbps mas. Tapi belum pernah sampai tahap FUP berikutnya karena sudah lewat sebulan.

      Mirip dengan Telkomsel atau operator seluler umumnya, detail promonya kadang sulit dipahami dan malah menjebak.

  2. Ane udah pake indihome ini kurang lebih udah mau 2tahun gan, yang bener kalo kuota udah abis, kecepatan download gak lebih dari 80KBps gan, dan itu lemot banget, streaming youtube 360p aja buffering ? ohiya ane pake yang 500gb, digunain sama 4 hp + 1 pc.

    • Loh iya mas? Kota mana ini?

      Soalnya teman saya pakai IndiHome, dan walaupun ga seakurat hitungan di atas soal FUPnya, tapi memang turun sampai 200-500 KB/s.

  3. Sori nimbrung…dari artikel di atas bisa diasumsikan bahwa kebijakan inihome mirip dengan kebijakan usp smartfren yg membatasi penggunaan kuota pada limit tertentu…artinya program unlimit kuota tetapi sebenarnya tdk unlimit ya?

    O yach bagaimana dengan provider BOLT?

    • Nah… definisi unlimited ini ada perbedaan dengan yang dipakai provider dengan user. Kalau user, unlimited ya pengertiannya tidak terbatas semuanya asal bayar. Sederhana kan?

      Sedangkan provider, definisinya itu selama internet masih bisa online ya bisa digunakan tanpa batas (unlimited), walaupun kena FUP.

      Yang BOLT kebetulan saya belum pernah pakai.

  4. jgn terlalu percaya mas, di tempat ku tiap lewat tgl 11 pasti speed langsung turun ke 6 mbps, ngga peduli udah fup atw belum. 300gb itu ideal nya, tapi kenyataan bisa jauh dibawah.

    • IMO, mungkin karena IndiHome pelanggannya makin banyak, udah mulai menjangkau banyak daerah. Jadi, biar semua user bisa makai secara optimal, dengan bandwidth yang ada, makanya pakai FUP. ISP lain ga menjangkau banyak daerah, cuma kota tertentu aja, jadi bisa dibilang user ga seberapa dibanding IndiHome. Toh kalau IndiHome mau upgrade backbone buat bandwidth gede, butuh duit banyak buat implementasi, ntar ujung-ujungnya harga langganan dinaikin. Jadi, menurut ane sih FUP 300GB cukup buat jadi jalan tengah (buat yang langganan 10Mbps). Ane sendiri streaming pasti tiap hari, main console juga PS4, main Steam juga, yang tahu sendiri download game ataupun update nya bisa puluhan GB. Bulan ini, yang kepake baru 150an GB. Jadi cukup lah.

  5. min kok saya setiap tanggal 10 pasti turun jadi 4 mbps. pdhl saya nyoba nggak make tuh wifi 10 hari. tetep aja di turunin. malah kalo lewat tanggal 20an kecepatan download jadi 50kbps-6kbps dan baru dipakai 12GB, buka google aja susah.

Tulis komentar...