Apa akibatnya bila modem direset?

Pernah kehilangan akses ke modem/ONT? Yang sering terjadi adalah ada yang iseng mengganti password default adminnya saat tersambung WiFi. Kadang hal seperti ini tidak terdeteksi karena internet masih bisa digunakan dengan normal. Ada juga yang iseng mengubah password hotspotnya sekalian.

Solusi paling mudah adalah dengan mereset modemnya, bisa lewat administrasi modemnya atau hard reset lewat lubang kecil di perangkatnya. tapi kadang ragu apa akibatnya selain seluruh setting kembali ke default. Bisa langsung online lagi atau harus panggil teknisi?

Sistem ISP sekarang sudah jauh lebih baik dibandingkan dulu, bukan masalah bandwidthnya yang lebih besar dan tetap murah, tapi kemudahan dalam memperbaiki apabila pelanggan salah setting. Setidaknya saya sudah ada pengalaman mereset ONT Fiberhome dan Cisco pemberian MyRepublic dan First Media, jadi bisa anda pakai sebagai referensi misal direset efeknya apa dan apabila masih gagal ya tetap saja kontak customer servicenya. 😀

MyRepublic:
Yang paling mudah menurut saya, begitu direset selain settingnya kembali seperti semula tapi bisa langsung dipakai online juga. Katanya karena sistemnya mengenali perangkat yang valid berdasarkan serial number ONTnya dan konfigurasinya akan disettingkan otomatis.

First Media:
Ini prosedurnya setelah direset adalah telepon ke csnya. Nanti akan diremote (pakai TR-069 kalau tidak salah) dan disettingkan. Pelanggan harus tetap standby di telepon karena bisa ada panduan tambahan dari supportnya dalam proses ini.

Untuk ISP lain seperti IndiHome dan MNC Play belum ada kesempatan mencoba sendiri, tapi kabarnya juga sama atau tidak jauh berbeda dengan cara yang saya sebutkan diatas. Tapi silahkan apabila anda memiliki pengalaman untuk dishare juga. 🙂

Leave a Reply