Apa bisa cuti berlangganan ISP?

Katakanlah rumah anda akan direnovasi dan tidak bisa ditinggali 2 bulan. Atau liburan keluar negeri 1 bulan. Kalau listrik, telepon dan air kan bayarnya tergantung penggunaan, jadi mestinya cukup rendah tagihannya. Tapi kalau langganan internet di rumah ini bayarnya kan flat per bulan tidak terpengaruh dipakai tidaknya. Rugi kan kalau bayar terus?

Apabila kita putus langganannya sebenarnya tidak masalah, tapi untuk registrasi ulangnya belum tentu cepat pemasangannya dan juga harga promonya mungkin sudah berubah. Bisa jadi lebih murah paketan lama anda daripada yang baru. Pertanyaannya apakah kita bisa cuti langganan internet? Jawabannya adalah bisa, tapi tergantung ISP mana yang anda pakai.

Jadi tidak semua Internet Service Provider memberikan penundaan layanan sementara waktu, dan berikut akan saya tuliskan apa yang saya tahu saat ini.

  1. MyRepublic
    Maksimal 3 bulan dari informasi yang saya dapat. Harus bilang langsung ke kantornya, alat – alat yang diberikan tidak perlu dikembalikan. Istilah yang mereka pakai adalah Voluntary Dismantle atau cuti berlangganan karena ada keperluan.
  2. First Media
    Dari obrolan dengan salesnya dikatakan sangat bisa sekali dan malah bisa setahun kalau mau. Opini saya sih ini ada hubungannya dengan sistem kontraknya First Media dimana tidak ada batas waktu minimal langganan. Jadi daftar baru dan sebulan kemudian diputus tidak ada dendanya.
  3. IndiHome
    Tidak ada sistem cuti langganan. 😀

Ya, untuk sementara saya cuma tahu informasi 3 ISP diatas. Saya belum ada kontak dengan Biznet Home atau MNC Play saat ini. Kalau ada update ketentuan layanan atau kurang akurat akan segera saya koreksi. Atau apabila anda memiliki informasi lebih silahkan dibagikan. 🙂

Leave a Reply