Apa itu Click of Death?

Apa ada suara aneh saat menyalakan PC/laptop? Seperti suara klik – klik terdengar dari dalamnya? Seperti ada yang tersangkut? Ya, kemungkinan anda telah mengalami apa yang dinamakan Click of Death.

Apa itu Click of Death? Sederhananya, setiap kali harddisk hidup maka head (kepala pembaca) akan bergerak untuk membaca data yang diminta pada posisi piringan yang ditentukan. Kalau perpindahan posisinya gagal ke lokasi yang tetap maka akan berusaha diperbaiki secara otomatis. Nanti akan dikembalikan ke “rumahnya” dan diarahkan ke lokasi yang gagal dibaca tadi. Inilah yang membuat ritme suara klik – klik tadi apabila gagal terus.

Pertanda apakah Click of Death ini? Harddisk anda kalau masih bisa diakses harap segera backup data – data pentingnya. Kenapa? Karena ini pertanda akan rusak atau malah sudah tidak berfungsi lagi.

Apa penyebabnya? Bisa headnya yang bermasalah, atau motornya yang rusak, bisa juga PCBnya.

Apa ada solusinya? Mengganti PCB dari harddisk yang sama merek dan tipenya kadang bisa memulihkan kondisinya, dikanibal jadinya. Tapi ini masih dalam taraf mungkin, tidak mesti berhasil juga.

Apa ada alternatifnya? Ada, kontroversial tapi. Dan tidak disarankan karena pasti mati permanen setelahnya, juga tidak ada jaminan berhasil. Masukkan harddisk ke kemasan/plastik kedap udara dan masukkan kedalam freezer 5-10 menit dan segera pasangkan lagi. Ada kemungkinan bisa bekerja normal sementara waktu, dan lakukan backup data – data anda selagi bisa, karena selanjutnya tidak ada kesempatan lagi.

Leave a Reply