Apa itu exFAT?

Di Windows biasa kita kenal file system FAT pada USB Flashdisk dan memang cukup populer digunakan pada perangkat penyimpanan data portable ini. Bahkan pada harddisk eksternal pun kadang ditemukan. Tapi kekurangannya adalah ukuran file maksimal cuma 4GB, jelas untuk sebuah video kualitas 4K atau Blu-Ray tidaklah cukup. Sedangkan pakai NTFS ini bisa menjadi solusinya tapi sayangnya kadang terjadi masalah pada hak akses filenya, apalagi di Windows asalnya pernah disetting permissionnya.

Karena FAT terlalu terbatas dan NTFS terlalu berlebih maka Microsoft merilislah exFAT sebagai file system penengahnya. Masih sama sederhananya dengan FAT tapi tidak terbatas ukuran filenya cuma 4GB. Dan memang mulai perlahan menggantikan FAT untuk flashdisk atau HDD external.

Masalahnya bagaimana cara menggunakan exFAT ini? Secara umum kalau di Windows anda sudah tinggal klik kanan pada drive/partisinya dan pilih Format… maka akan muncul opsi FAT, NTFS dan exFAT pada opsi File system. Ini normalnya dan tinggal kita klik Start untuk memulai proses formatnya. Tidak sulit kan?
windows-format-harddisk-eksternal

Tapi kalau di Windows anda tidak muncul opsinya entah memang bermasalah atau menggunakan Windows XP yang memang belum mendukung setahu saya, maka bisa mencoba cara manual lewat command prompt.
Format F: /A:64K /FS:ExFAT
Dimana F: itu adalah drive/partisinya, /A:64K adalah ukuran clusternya, dan /FS:ExFAT yang tentu saja file systemnya. Butuh hak administrator untuk mengeksekusi perintah ini.

Kesimpulannya. Kenapa kita sebaiknya menggunakan exFAT untuk USB Flashdisk/Harddisk eksternal? Manfaat utamanya adalah kompatibilitas dengan sistem operasi lain seperti Android, MacOS, Linux dan seterusnya. Kalau NTFS rata – rata cuma bisa membaca file – filenya saja dan tidak bisa menulis di selain Windows, sedangkan kalau exFAT bisa baca dan tulis.

Semoga bermanfaat. 🙂

5 pemikiran pada “Apa itu exFAT?”

    • Halo Dwi, err… ini bahas Windows mbak bukan kantor pos. Haha. 😀

      Itu paketnya hari ini ada di Panam dan dibawa kurir.

  1. Saya tambahin sedikit, ukuran cluster nya kalau Flasdisk ama micros sd jgn 64 tpi 4096 karena bentuk cluster di nand flash ama hardisk beda, kalau pke 64 cpt mati Flashdisk nya.

    Balas
  2. Mas saya mau bertanya. Hdd eksternal saya rusak trus ketika di format dgn file system ntfs tidak bisa, nah ketika saya coba format menggunakan file system exFAT bisa. Apakah kedepanny tidak akan ada masalah hdd eksternal menggunkan exFAT ?

    Balas

Tulis komentar...