Apa itu ReadyBoost?

Saat anda memasang USB Flashdisk anda ke Windows dan akan muncul dialog menanyakan apakah anda ingin mempercepat komputer dengan menggunakan ReadyBoost. Apakah ReadyBoost itu? Dan benarkah akan mempercepat komputer anda tanpa perlu membeli RAM lagi?

Awalnya ReadyBoost merupakan fitur baru pada Windows Vista yang diunggulkan waktu promosinya dimana waktu itu harga RAM dengan kapasitas yang cukup besar masih cukuplah mahal. Sehingga Microsoft berusaha memberikan alternatifnya dengan menggunakan USB Flashdisk untuk menambah performa RAM.

Ranjithsiji / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons
Ranjithsiji / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Cara kerja ReadyBoost

ReadyBoost hanya akan muncul bila oleh Windows dideteksi bahwa USB Flashdisk yang dipasangkan memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi. Setelah anda mengaktifkan ReadyBoost maka akan ada fitur lain bernama SuperFetch yang bertugas menyimpan file – file yang akan dibutuhkan saat anda menjalankan program dalam memori (RAM), bisa dikatakan prediksi dari kebiasaan penggunaan komputer anda.

Nah… bedanya kalau anda menggunakan ReadyBoost maka SuperFetch juga akan memanfaatkan USB Flashdisk untuk penyimpanan cache file – file tadi.

Kekurangan ReadyBoost

Tentu saja kalau dilihat dari deskripsinya maka ReadyBoost akan berguna disaat kita terpaksa dan ingin meningkatkan performa Windows dengan cara cepat. Kekurang ReadyBoost lebih ke batasan hardware yaitu kecepatan akses USB Flashdisk masih jauh lebih lambat dibandingkan RAM.

Kesimpulannya memang lebih melakukan upgrade RAM daripada menggunakan ReadyBoost bila tidak terpaksa. Apalagi sekarang harga RAM dengan kapasitas 1GB atau 2GB DDr3 sudahlah cukup murah dibandingkan dulu sewaktu jaman Windows Vista dan awal Windows 7.

Tulis komentar...