Apa itu Timed Message di BlackBerry Messenger?

Pada update BlackBerry Messenger Android ke versi 2.5.0.32 pada minggu kemarin selain kita bisa menggunakan fitur “is listening to” seperti BBM di handphone dengan sistem operasi lain, juga ada fitur bernama Timed Message yang secara default aktif. Fitur ini berguna mirip dengan sistem di SnapChat dimana kita bisa mengirimkan pesan yang akan terhapus atau hancur sendiri setelah beberapa waktu.

Jadi kita bisa memakai Timed Message ini untuk berkomunikasi hal – hal yang bersifat rahasia dan tidak ingin tercatat, atau cuma sekedar mengirimkan pesan iseng.

Cara menggunakannya cukuplah mudah, pada setiap anda akan mengetikkan pesan maka pada kotaknya di sebelah kanan ada icon pesan dengan jam didalamnya berwarna abu – abu transparan.

android-bbm-set-timer

Tap saja pada icon tersebut dan akan muncul opsi pemilihan durasi waktu pesan tersebut akan aktif (pilihannya antara 1, 3, 5, 10, 15, dan 25 detik). Pilih OK untuk mengaktifkannya dan Cancel untuk membatalkan penggunaan Timed Message.

Setelah anda memilih berapa detik maka silahkan ketikkan pesan atau kirimkan foto, maka pesan tersebut disampaikan (Delivered) dan berubah menjadi dibaca (Read) akan otomatis dihitung mundur dan hilang dari catatan percakapan anda. Sehingga kalau ada hal pribadi yang sedang dibicarakan maka privasi anda akan terjaga dengan aman.
android-bbm-timed-message

Kalau menurut anda fitur Timed Message ini mengganggu proses komunikasi melalui BBM karena sering salah tekan maka anda bisa mematikannya secara permanen.

2 pemikiran pada “Apa itu Timed Message di BlackBerry Messenger?”

  1. Gan saya mau tanya, kan saya mau ganti dp/profil bbm trus saya ga sengaja pencet selalu, tadinya ada 2 pilihan yaitu foto ama galleri, cara mengembalikan ke awal gimana mas, saya uninstall sampe install berulang” hasilnya tetep sama, mohon pencerahannya mas trims… 😉

    Balas
    • Selamat pagi Lian, jadi salah memilih default aplikasi pembukanya ya maksudnya? Ini tidak ada hubungan dengan BBMnya mas, tapi harus direset lewat Androidnya:
      1. Buka Settings.
      2. Tap pada Apps.
      3. Cari nama aplikasi yang sudah anda jadikan default. Photo atau Gallery mas?
      4. Nah… pada jendela informasi aplikasi tersebut cari Launch by default (Luncurkan sebagai default).
      5. Tap saja pada Clear defaults (Bersihkan default).
      6. Selesai dan anda akan ditanyakan lagi seperti awalnya dulu untuk membuka file dengan aplikasi apa.
      Kalau bingung dan membutuhkan gambarnya bisa mengikuti panduan ini: http://utekno.com/cara-reset-aplikasi-default-android-6776

Tulis komentar...