Apa itu USB On The Go?

Saat saya membeli handphone baru (ASUS Zenfone 5 dengan Android 4.4.2 Kitkat) salah satu fitur yang dikenalkan ke saya oleh mbak yang jaga toko adalah USB On The Go. Makanan apa lagi ini? Apa bedanya dengan USB biasa? Saya tidak berbicara mengenai spesifikasi teknisnya yang hanya akan membuat bingung orang awam termasuk saya sendiri. :p

Anda pasti tahu kan kalau memasangkan perangkat USB ke komputer akan dikenali apa fungsinya. Ini biasanya berupa media penyimpanan Flashdisk, Harddisk eksternal, Webcam, Keyboard, Mouse, Card Reader, microSD card, handphone dan masih banyak lagi. Normal kan? Nah… Pernah mencoba memasangkan perangkat USB ke handphone anda? biasanya sih cuma bisa diam dan seperti tidak terjadi apa – apa.
usb-otg-logo
Ya, ini lah fungsi USB OTG ini. Fungsinya agar perangkat yang mendukungnya (dalam hal ini handphone Zenfone 5 saya) bisa menggunakan perangkat USB lainnya, sebelumnya kan tidak bisa. Secara teknis nanti peran handphonenya akan menjadi Master dan perangkat lainnya akan menjadi Slave.

Kabelnya USB On The Go ini bukan berarti khusus sebenarnya tapi memang tidak standar melewati micro USB pada satu atau kedua ujungnya, tergantung mau disambungkan kemana. Jadi memang terpaksa beli baru, dan harganya cukup bervariatif ternyata. Saya beli yang murah saja, cukup 15 ribu.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...