Apa itu WPS?

Kalau anda pernah memperhatikan modem/router WiFi anda kemungkinan akan menemukan tombol dan lampu indikator LED untuk WPS. Dan saya yakin jarang digunakan juga kecuali anda punya printer wireless atau perangkat nirkabel lainnya yang tidak bisa menggunakan jalur WiFi biasanya yang pakai password. Jadi sekalian saja kita mengenal si Wireless Protected Setup ini. 🙂

Apa itu Wireless Protected Setup? WPS adalah salah satu sistem koneksi ke jaringan WLAN bedanya dengan yang biasanya pakai kata sandi adalah bisa langsung tersambung atau perlu diverifikasi dari sisi modem/router. Semuanya tanpa perlu akses ke halaman login atau manajemen routernya. Tinggal tekan saja tombolnya. Jadi akan lebih cepat dan mudah.

fiberhome-an5506-los-led-blinking-red

Bagaimana cara menggunakan WPS? Dari perangkat anda aktifkan mode WPS, misal di printer akan ada tombolnya. Dan kemudian pada modem/router tekan tombol WPSnya. Misal terdeteksi ada perangkat yang bisa masuk ke jaringan WiFinya maka akan berwarna hijau lampunya, tapi kalau sudah lewat 2 menit tetap tidak ada maka akan berwarna merah menandakan kegagalan sambungan. Ini untuk jenis WPS yang PnC (Plug and Connect) alias pasang dan sambungkan saja.

Ada solusinya kalau gagal? Sebenarnya bukan cara mengatasi tapi mungkin kita perlu menggunakan metode alternatif WPS satunya yang memakai PIN. Jadi sistemnya sama dengan yang diatas, tapi perlu divalidasi dari sisi administrasi modem. Lihat pada bagian WPS dan isikan PIN perangkatnya. Jumlahnya 7 digit. Yang sering terjadi memang perbedaan mode loginnya saja.

fiberhome-an5506-04-f2-wps-settings

Oh ya WPS ini cuma bisa diaktifkan pada mode enkripsi WPA2. Jadi pastikan pada setting WLAN/SSID anda sudah menggunakan algoritma yang tepat.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...