Apakah itu about:config di Mozilla Firefox?

Mengubah konfigurasi Mozilla Firefox dapat dengan mudah dilakukan menggunakan Options, tapi ini hanya untuk melakukan modifikasi yang umum diperlukan oleh penggunanya. Kalau anda ingin mengatur setting Mozilla Firefox dengan lebih detail, maka anda perlu terjun ke halaman khusus yang berisi seluruh preferensi Firefox yang nantinya akan berhubungan dengan setiap aspek dalam Mozilla Firefox.

Mengenal about:config Mozilla Firefox

about:config adalah fitur di Mozilla Firefox yang berisi setting aplikasi yang lebih advanced. Tidak semua preferensi aplikasi ini bisa diatur dari Options atau Preferences Mozilla Firefox, beberapa setting tersembunyi atau rahasia dapat ditemukan dan diubah disini.

Sedikit peringatan, mengutak – atik konfigurasi yang terletak dalam about:config bisa memperbaiki masalah anda, berperilaku laku aneh atau malah membuat Mozilla Firefox rusak.

Cara membuka about:config Mozilla Firefox

Untuk mengakses halaman about:config Mozilla Firefox cukup ketikkan about:config pada kotak alamatnya dan tekan Enter.

mozilla-firefox-about-config-this-may-void-your-warranty

Anda akan disambut pesan peringatan “This might void your warranty!”, Klik tombol “I’ll be careful, I promise!” untuk melanjutkan. Hilangkan centang supaya pesan peringatan ini tidak tampil lagi.

Halaman about:config akan terbuka dan bisa dilihat isinya sungguh banyak dan spesifik.

mozilla-firefox-about-config

Mencari setting aplikasi tertentu pada about:config

Manfaatkanlah kotak Search untuk mencari nama setting yang anda inginkan, cukup ketikkan seluruh atau sebagian kata kuncinya dan hasilnya akan langsung difilter. Huruf besar dan huruf kecil tidak dibedakan disini (case insensitive).

mozilla-firefox-about-config-permissions-default-image

Memodifikasi setting aplikasi di about:config

Terus bagaimana cara mengubah setting di about:config? Sungguh mudah ternyata, cukup klik kanan dan beberapa menu opsi modifikasi akan muncul seperti New, Modify dan Reset. Bila anda lupa nilai asli dari setting di about:config cukup reset saja daripada repot – repot.

mozilla-firefox-about-config-right-click-menu

Nilai yang diterima oleh setting aplikasi ada 3, yaitu:

  • String – Berarti semua tulisan atau teks dapat diterima disini.
  • Integer – Bilangan bulat.
  • Boolean – Nilainya True atau False, tidak ada yang lain.

Melakukan double click pada preferensi yang terpilih akan langsung membuka jendela modifikasi nilai.

mozilla-firefox-permissions-default-image-enter-integer-value

Lainnya

about:config bukan ditujukan untuk pengguna awam karena salah setting disini bisa merusak Mozilla Firefox anda. Tujuan Mozilla Firefox adalah mempermudah penggunanya tanpa masalah dalam browsing, hal ini yang menyebabkan mereka menyembunyikan setting gambar ke about:config.

Malware, Adware, Spyware, Virus, pembajak browser dan Toolbar yang tidak diinginkan juga biasanya mendaftarkan dirinya dalam about:config, anda bisa menyisir dengan bantuan search untuk menghapusnya secara manual atau menggunakan Junkware Removal Tool untuk membersihkan komputer anda secara otomatis.

Tulis komentar...