Apakah itu CC dan BCC pada Email?

Secara singkat CC adalah Carbon Copy dan BCC adalah Blind Carbon Copy, cara kerja keduanya mirip. Kedua istilah ini bisa ditemui pada saat anda membuat email, biasanya terletak dibawah To akan terdapat 2 buah bagian bernama CC dan BCC yang bisa diisi dengan alamat email.

Carbon Copy dan Blind Carbon Copy adalah cara mengirim email ke lebih banyak orang, walau ada yang menambahkan beberapa alamat email tersebut di bagian To.

yahoo-mail-cc-and-bcc

Apakah Carbon Copy itu?

Carbon Copy bahasa Indonesianya adalah kertas karbon, mungkin sekarang sudah jarang ditemui. Biasanya kertas ini digunakan saat membuat nota atau kwitansi pembelian atau penjualan barang. Warna kertas ini umumnya hitam dan diletakkan diantara kertas yang ditulis dan kertas kosong dibawahnya. Apa guna kertas karbon ini? Tentu saja membuat duplikat apa yang anda tulis diatasnya, jadi selain anda tidak perlu menulis berulang kali juga bisa menjadi bukti transaksi. Seperti kertas karbon ini, fungsi CC adalah mengirimkan duplikat email yang anda kirim ke beberapa orang sekaligus.

Perbedaan CC dengan BCC

Blind Carbon Copy memiliki fungsi yang sama dengan Carbon Copy hanya berbeda hasilnya saja. Perbedaan carbon copy dengan blind carbon copy adalah dengan CC pada saat menerima email maka orang itu bisa melihat semua alamat email yang dikirimi duplikat email dengan melihat bagian To dan CC kecuali pada bagian BCC. Maka bila orang menerima email dengan BCC dia bisa melihat semuanya baik pada bagian To dan CC kecuali di bagian BCC yang akan muncul adalah email sang penerima saja, si penerima tidak akan tahu siapa orang lain yang dikirimi email lewat BCC. Jadi alamat email yang tertera di BCC pada saat mengirim akan menjadi rahasia bagi sang penerima, yang tahu semuanya adalah sang pengirim saja.

Tulis komentar...