Apakah itu CDN?

Teknologi website sekarang sudah maju dan saya yakin akan meningkat terus inovasi – inovasi yang dilakukan. Salah satunya adalah konsep CDN. CDN atau Content Delivery Network adalah suatu sistem dimana beberapa aset atau komponen penyusun suatu website disebarkan ke berbagai lokasi di dunia. Anda sebagai pengunjung website akan mendapatkan aset – aset tersebut dari lokasi yang paling cepat baik secara geografis maupun secara koneksi internet.

Konten yang disimpan dalam CDN ini adalah yang bertipe static dalam berbagai format seperti gambar, lagu, video, javascript, css dan sebagainya. Singkatnya kalau resource tersebut tidak pernah berubah atau jarang maka lebih baik diterapkan dalam CDN. Contoh CDN yang paling sederhana adalah anda mengupload gambar ke imgur dan menampilkan gambar tersebut di blog anda untuk menghemat kuota bandwidth hosting.

Apa keuntungan CDN?

Ada beberapa kelebihan menggunakan CDN dalam situs anda, seperti meningkatkan kecepatan memuat website dan mengurangi beban web hosting dalam konsumsi bandwidth.

maxcdn-report-summary

Kenapa menggunakan CDN bisa mempercepat website?

Karena saat browser memuat suatu website terdapat batasan koneksi yang bisa digunakan. Jadi kalau situs tersebut memiliki banyak komponen seperti gambar, maka proses loading website tersebut akan semakin lama karena permintaan browser akan diantrikan. Misal anda menggunakan CDN maka browser akan memuat gambar dari lokasi lain secara paralel.? Membuka koneksi berjumlah banyak ke suatu situs juga akan membebani servernya, ini yang bisa membuat “500 Internal Server Error” kalau kewalahan tidak mampu melayani semua pengunjung.

Lokasi CDN yang dipakai ini juga tergantung sekarang yang membuka situs ada dimana. Karena lokasi server CDN tersebar di seluruh penjuru dunia dan akan otomatis menggunakan yang terdekat ke posisi pengunjung.
cloudflare-network-map

 

Kenapa menggunakan CDN bisa menghemat bandwidth?

Seperti pada contoh saya sebelumnya diatas mengenai hosting gambar di imgur, karena diletakkan pada website luar tentu kuota bandwidth dan disk space hosting anda tidak terpakai bukan? Kalau situs anda sering mengalami “509 Bandwidth Limit Exceeded” ini bisa menjadi solusi anda. Menggunakan CDN bisa mengurangi biaya web hosting anda secara signifikan daripada harus mengupgrade paket hosting yang lebih mahal.
awstats-monthly-history

Diatas adalah grafik penggunaan bandwidth hosting saya dari Awstats, sejak saya mengaktifkan penggunaan CDN pada bulan Juni 2013 langsung terjun bebas dari beberapa GB menjadi hanya 228 MB. Sungguh penghematan besar bukan?

Bukannya penggunaan CDN itu berbayar?

Ya, dalam kategori berbayar ada CDN berkualitas seperti MaxCDN (digunakan dalam situs ini), Amazon CloudFront, Akamai, CDN77 , CacheFly dan masih banyak lagi.

maxcdn

Apa saja CDN yang gratis?

Tapi jangan patah semangat dulu, ada yang premium tentu ada yang gratis. Beberapa CDN gratis yang bisa anda gunakan adalah CloudFlare, CoralCDN, Google PageSpeed Service (sementara masih gratis), dan mungkin masih ada lagi. Silahkan anda pilih salah satu atau salah semua dalam situs atau blog anda.

cloudflare-illustration

Oh ya, kalau anda menggunakan WordPress maka jangan lupa install plugin Jetpack untuk memanfaatkan CDN gratis dari Automattic yaitu Photon. Seluruh gambar dan foto anda akan otomatis diupload ke servernya WordPress dan akan disuguhkan ke pengguna situs anda otomatis dari CDN-nya.

Lainnya

Dengan memanfaatkan CDN selain mempercepat akses website anda juga menurunkan penggunaan bandwidth dari hosting web. Bahkan dari CloudFlare diberikan fitur keamanan seperti anti bot dan anti DDoS kalau anda diserang orang tidak bertanggungjawab.

6 pemikiran pada “Apakah itu CDN?”

  1. Proses mindahin gambar ke cdnnya ribet ga mas? soalnya dah ga bisa pake smush it & blog sy banyak pake gambar, lagi mikir2 pengen pake cdn tapi masih blom mudeng soalnya gambar udah ada di hosting

    Balas
    • Jangan khawatir mbak, setelah anda mengatur akun CDN anda (tipe Pull Zone) dan mendapatkan url untuk website maka selanjutnya tinggal memasangkannya di WordPress. Masalah custom domain (menjadi cdn.utekno.com misalnya) dan detail – detailnya itu opsional.

      Kalau ada kesulitan silahkan ditanyakan, saya bantu sebaik – baiknya.

  2. Selamat siang,
    saya mau tanya mas, kalau misal website kita masih dalam pengerjaan ( masih tersimpan di folder /demo ), apa sudah bisa menggunakan layanan CDN ini ?
    dan bagaimana nanti jika website sudah di live kan, apa akan ada banyak perubahan setting dan lain sebagainya ?

    Balas
    • Selamat sore, bisa memang tapi anda harus menghubungkan konten website anda ke layanan CDN yang digunakan supaya bisa ditarik (pull).

      Anda berencana memakai layanan CDN apa ya? Yang saya bicarakan adalah seperti MaxCDN, KeyCDN, Amazon CloudFront, dan sebagainya. Kalau CloudFlare dan Incapsula bukan lho ya dan tidak bisa digunakan secara offline.

Tulis komentar...