Apakah itu (not provided) di Google Analytics?

Pada saat melihat keyword pada bagian Queries di Google Analytics yang digunakan pengunjung untuk mencapai website anda pasti ada yang bertuliskan (not provided), yang kalau diartikan adalah tidak tersedia. Mana mungkin ada yang mencari di Google tanpa menggunakan kata pencarian dan bisa sampai ke website manapun bukan?

google-analytics-keyword-not-provided

not-provided

Saya akan coba menjelaskan keyword?(not provided) ini dalam bentuk tanya jawab supaya anda lebih mudah memahaminya.

Apa sih arti sebenarnya dari?(not provided) ini? Sebenarnya kata kunci ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan ini menandakan bahwa si pengunjung menggunakan Google Search telah login ke akun Googlenya.

Kenapa dengan login ke akun Google semua pencarian si pengunjung akan menjadi (not provided)? Karena Google mengamankan data pencarian anda dengan melakukan enkripsi terhadap koneksi anda ke Google, jadi komunikasi anda dengan Google akan secured menggunakan HTTPS dan ini dilakukan dengan alasan keamanan dan privasi.

Apa dampaknya bagi webmaster? Implikasinya banyak dan sebenarnya bisa dikatakan negatif ke kita. Karena hampir semua keyword menggunakan?(not provided) di Google Analytics kita jadi lebih sulit dalam mengetahui keyword apa yang digunakan dan ke halaman apa ditujunya. Optimasi website kita pun lebih terhambat karena dibatasinya informasi ini. Praktisi SEO (Search Engine Optimization) juga tidak memberi langkah yang akurat karena data yang menjadi dasar keputusan telah dipotong oleh Google.

Kalau dilihat di Queries tampaknya keyword?(not provided) menjadi semakin banyak akhir – akhir ini? Ya, kalau anda memantau hasil search keyword di Google Analytics maka frekuensinya sejak 1 minggu ini meningkat drastis. Ini disebabkan Google telah mengaktifkan secured search secara default untuk semua pencarian di Google, yang tentu saja memberi efek naiknya frekuensi keyword?(not provided) di Google Analytics.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengetahui keyword yang digunakan atau setidaknya mengurangi dampak disembunyikan keyword ini? Kalau anda bukan pengguna Google Adwords dalam budget tertentu (saya juga bukan) maka tidak banyak yang bisa anda lakukan, atau bisa dibilang tidak ada yang bisa mengubah kebijakan Google ini. Walaupun anda memakai layanan lain dan tidak menggunakan Google Analytics juga hasilnya akan relatif sama, hanya Google sendiri yang tahu dengan akurat keyword apa yang digunakan sebenarnya untuk menuju website anda. Data ini tidak dibagikan ke pihak lain.

Kalau begitu keyword lain yang muncul di Google Analytics berasal darimana? Satu, dari pencarian Google yang masih belum dienkripsi. Dua, dari pencarian search engine lain – Jangan dilupakan Bing, Yahoo! Search, Blekko, DuckDuckGo dan mesin pencari lainnya.

Bagaimana, sudah lebih jelas bukan mengenai misteri?(not provided) pada Google Analytics? Kalau ada yang masih belum jelas silahkan tanyakan di komentar dan saya akan berusaha menjawab dengan sebaik – baiknya.google-analytics-keyword-not-provided

4 pemikiran pada “Apakah itu (not provided) di Google Analytics?”

    • Selamat pagi, property Google Analyticsnya sudah dilink ke Google Webmasters? Kalau belum silahkan disambungkan nanti akan muncul semua.

Tulis komentar...